KPU Bongkar 2.650 Kotak Suara

 290 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS -Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang, Kamis (15/8) membongkar 2.650 kotak suara berikut dokumen yang ada didalamnya.  Kotak suara yang dibongkar ini, adalah kotak suara yang digunakan untuk pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel), 6 Juni lalu.

“Pembongkaran kotak suara ini dilakukan, karena kotak suara tersebut akan dipersiapkan untuk pemungutan suara ulang (PSU) pada pemilukada Sumsel, 4 September mendatang,” kata komisioner KPU Palembang Divisi Logistik, Rudiyanto Pangaribuan, Kamis (15/8).

Pembongakaran kotak suara ini kata Rudi, dilakukan di sekretariat KPU Palembang,  Jalan Mayor Santoso, Kamboja yang di hadiri seluruh pihak terkait kecuali panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Palembang dan Polresta Palembang.

“Ada 2.650 kotak yang dibongkar, itu adalah kotak suara yang digunakan untuk pemilukada beberapa waktu lalu. Sedangkan dokumen yang ada didalamnya, kita masukan kedalam karung dan disimpan di gudang KPU Palembang,” ucap Rudi.

Dijelaskan Rudi, kotak suara pemilukada Sumsel, 6 Juni lalu itu dibongkar, karena berkasnya tidak diperlukan lagi. Sementara, kotak suara tersebut dibutuhkan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang, karena Palembang menjadi salah satu daerah yang melaksanakan PSU bersama Prabumulih, OKU, OKU Timur dan satu Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Sebagai informasi, jumlah pemilih yang terdaftar pada daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Palembang pada pemilukada Sumsel, 6 Juni lalu sebanyak 1.136.536 pemilih yang tersebar di 2.650 tempat pemungutan suara (TPS) di 16 kecamatan.

Sementara untuk tingkat partisipasi pemilih, atau jumlah pemilih yang menggunakan hak konstitusinya sekitar 63 persen. Dalam pemilukada Sumsel, 6 Juni lalu, di Palembang pasangan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki  unggul dengan memperoleh sebanyak 256.655 suara.

Kemudian disusul pasangan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) dengan 225.113 suara. Selanjutnya, pasangan Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman (Derma) 138.757 suara dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir sebanyak 69.498 suara.   Total suara sah dan tidak sah sebanyak 716.192 suara pada pilkada Sumsel di Kota Palembang dan jumlah pemilih tetap sebanyak 1.139.247 orang.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster