Kini, Giliran Spanduk Di Bongkar Paksa

15 total views, 3 views today

Petugas-saat-membongkar-paksa-spanduk-liar

Petugas saat Membongkar Paksa Spanduk Liar | Joen KS

INDERALAYA|KS-Setelah membongkar paksa lapak liar yang berada di kawasan Timbangan 32, kini Dinas Tata Kota dan Kebersihan, dan Sat Pol PP, Kabupaten Ogan Ilir (OI), menyisir sisi jalan sepanjang Ikota Inderalaya hingga tugu selamat datang Indralaya Utara, untuk membersihkan atribut serta umbul-umbul yang dinilai mengganggu keindahan kota.

Selain itu, pemilik lapak mendapat teguran awal untuk segera membongkar lapak tersebut. Jika membandel, petugas akan membongkar paksa.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan, Lutfi dan Kasat Pol PP, Refly yang memimpin pembersihan itu langsung bergerak dari Pemkab OI menuju Timbangan 32. Disisi jalan, petugas gabungan terlihat menurunkan beberapa baliho produk secara paksa.

Lapak-lapak liar yang berada disisi jalan pun tidak luput dari pantauan. Petugas tidak langsung membongkar paksa melainkan memberikan terguran kepada pemilik lapak untuk segera di bongkar sendiri.

“Berdasarkan data dari Dispenda OI bahwa masih banyak umbul-umbul dan spanduk yang sudah habis izin penggunaannya sehingga perlu ditertibkan. Begitu pula lapak liar banyak yang dekat badan jalan sehingga tak sedap dipandang dan perlu dimundurkan,” kata Kepala Badan Pertamanan dan Tata Kota OI Ahmad Lutfi, Kamis (15/8).

Ia menbambahkan, penertiban lapak liar dan spanduk merupakan tugas rutin sesuai dengan tupoksi Badan Pertamanan dan Tata Kota untuk menjaga agar Kota Inderalaya terlihat bersih dan indah. Penertiban itu sendiri, sekaligus mendata para pemilik spanduk dan bangunan liar agar dapat menempatkan sesuai dengan aturan berlaku.

“Seperti lapak liar, dalam aturan harus mundur sekitar 25 meter dari badan jalan. Khusus pemilik spanduk dan papan nama untuk dapat berkoordinasi dengan Tata Kota jika ingin memasang kembali papan merknya. Saat ini, sebatas memberikan peringatan lisan, teguran, hingga tertulis,” tuturnya.

Kepala Satpol PP OI Muhammad Refly, menambahkan Perda tentang reklame tidak masalah caleg pasang. Namun jika ada unsur ajakan baru dibersihkan. “Ya, kalau spanduk ucapan selamat lebaran caleg tidak apa, asal pemasangan tertata,” tuturnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com