DCT Segera Dipublikasikan

 301 total views,  2 views today

kpuPALEMBANG, KS -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, sudah menyelesaikan tahapan uji publik terhadap bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS), yang diajukan oleh partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2014.

Dalam waktu dekat menurut komisioner KPU Kota Palembang, Yudha Mahrom,  KPU akan mempublikasikan kepada masyarakat nama-nama calon-calon wakil rakyat itu yang ditetapkan masuk dalam daftar calon tetap (DCT).

“Kami akan menggelar rapat pleno dulu, untuk menetapkan DPT untuk caleg DPRD Kota Palembang. Setelah itu, akan kami publikasikan ke masyarakat, caleg-caleg itu,” kata Yudha ketika dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (15/8).

Menurut dia, rapat pleno itu rencananya akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2013, sedangkan pengumuman DCT pada 23 Agustus 2013. Jadi, bagi parpol yang akan mengusulkan nama bacaleg  yang mengundurkan diri harus disampaikan sebelum rapat pleno KPU Palembang digelar.

Sementara mengenai apakah nanti nomor urut bacaleg, yang sudah masuk di DCS bisa berubah, ia menyatakan, tidak boleh diganti nomor urut tersebut. Begitu pula dengan daerah pemilihan (dapil).

Bila ada bakal calon legislatif yang mengundurkan diri, maka posisi penggantinya tetap sama dengan nomor urut yang digantikan. Ia mencontohkan, seandainya bacaleg yang mengundurkan diri di nomor urut satu, maka pengganti yang menggantikannya tetap di nomor urut satu tersebut.

Sebelumnya Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, namanya tidak akan lagi tercantum dalam DPT pada pemilu 2014 mendatang. Sebab sudah dilantik sebagai Wakil Wali Kota Palembang.

Namanya di DCS pada saat DCT nanti jelas Harno, akan digantikan oleh kader partai berlambang bintang mercy itu lainnya.  “Nanti, akan diganti dari kader Partai Demokrat juga dan di DPC jabatannya sebagai pengurus partai,” ungkapnya.

Namun menurut Harno, kader Demokrat yang menggantikannya itu di DCT tidak menempati nomor urut 1 seperti nomor urut namanya di DCS. Nomor urut satu dalam DCT nanti sambungnya, akan ditempati bacaleg lain yang sudah terdaftar lebih dahulu di DCS.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster