Waspadai Penyakit Diare Pasca Lebaran

49 total views, 3 views today

diareINDERALAYA-KS-Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Ogan Ilir meminta kepada masyarakat di Bumi Caram Seguguk untuk lebih mewaspadai penyakit diare, pasca Lebaran tahun ini. Pola makan yang tidak teratur berpotensi besar terserang berbagai penyakit seperti diare.

“Ya, penyakit diare ini bisa menyerang ke segala usia sehingga perlu diwaspadai sedemikian rupa. Biasanya, penyakit diare akan menyerang orang-orang yang pola makannya tidak teratur,” Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Ogan Ilir, Hendra Kudeta, kemarin.

Pasca puasa dan lebaran ini, sambung Hendra, rata-rata masyarakat cenderung terserang penyakit diare.

Meski demikian, hingga saat ini pihakya belum menerima laporan dari 25 puskesmas yang ada di Ogan Ilir terkait pasien yang terserang penyakit diare pasca Lebaran.

“Penyakit diare ini bukan saja menyerang anak-anak, melainkan pula remaja, dewasa hingga orangtua. Tidak ada batasan umur apabila terserang penyakit diare ini,” ujarnya.

Sebagai antisipasi agar masyarakat tidak terserang penyakit tersebut, masih kata Hendra, pihaknya meminta masyarakat untuk dapat menjalankan pola hidup sehat setiap hari dengan mengonsumsi makanan yang higienis.

Dia mengaku biasanya pasca Lebaran ini kebanyakan orang tanpa ragu untuk langsung menyantap makanan apapun. Padahal pola makan demikian sarat dengan berbagai penyakit yang tak diketahui.

“Pola makan juga harus diperhatikan agar tidak terserang penyakit diare. Ya, bagi individu yang memiliki ketahanan tubuh lemah dimungkinkan akan cepat sekali terserang penyakit itu,” terangnya.

Dia melanjutkan langkah lain mengantisipasi membludaknya pasien penyakit diare ialah dengan menyediakan obat-obatan seperti infuse cairan maupun oralit dan lain-lainnya.

“Untuk stok obat-obatan dirasa sudah mencukupi. Bila nantinya dirasa kurang akan didroping atau dibantu provinsi maupun pusat. Untuk obat ini tergantung permintaan dari puskesmas masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan,” jelasnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com