Sumsel siap Luncurkan Kuliah Gratis

 158 total views,  2 views today

kuliah-gratisPALEMBANG | KS-Selain program sekolah gratis, untuk meningkatkan kembali pendidikan di Sumatera Selatan, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumsel akan meluncurkan program kuliah gratis.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel Drs. Widodo, Rabu (14/8)

Menurut, program tersebut telah dicanangkan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin untuk segera dilaksanakan

“Program kuliah gratis ini telah dicanangkan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin, mudah-mudahan saja akan segera terlaksana untuk meningkatkan lagi pendidikan di Sumsel ini, ” ujar Widodo.

Meskipun masih ada yang memandang pesimis mengenai program ini dirinya tetap optimis akan berhasil. Apalagi sekarang banyak masyarakat yang mengeluhkan banyaknya pungutan dari sekolah.

Namun Widodo mengatakan bahwa jika antara Pemprov dan Kabupaten/Kota bisa satu paham maka pungutan liar seperti itu akan hilang dan bisa meningkatkan kembali program sekolah dan kuliah gratis ini.

“Oleh karena itu kami akan menampung ide dan saran dari semua pihak terutama masyarakat untuk menyempurnakan program kuliah gratis ini,” tuturnya.

Saat ini, Disdik Sumsel masih dalam tahapan melakukan survei dari masyarakat, selain itu juga akan ada diskusi dan sosialisasi kepada masyarakat. Setelah aspirasi masyarakat telah tertampung, maka akan ada pembahasan yang lebih lanjut lagi untuk program ini.

“Untuk realisasi program ini, pada tahun ini kami akan mengadakan rapat internal untuk membahas lebih lanjut mengenai sistematik pelaksanaan program kuliah gratisini,” tambahnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa kemungkinan rapat program ini  akan dilaksanakan pada Februari 2014. Jadi setelah menggelar diskusi bersama dengan masyarakat, kemungkinan pada akhir Desember pihaknya akan membuat naskah akademik.

Naskah akademik tersebut adalah merupakan rumusan dari survei dan teori yang telah didapat. Setelah itu naskah akademis tersebut akan dirumuskan menjadi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan akan dibawa ke DPR RI.

“Kemungkinannya akan dibahas di DPR RI  Maret-April 2014, setelah itu kita akan melaksanakan pengkajian lebih dalam dengan para Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumsel, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan masyarakat.

TEKS : AMINUDDIN

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster