Revitalisasi Gerakan Pramuka Wujud Pilar Generasi Muda

 127 total views,  3 views today

pramuklaqPAGARALAM, KS—Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka), senantiasa berkembang ke arah gerakan yang positif. Oleh sebab itu, gerakan pramuka harus dapat menjadi salah satu motor penggerak kegiatan generasi muda ke arah yang lebih baik.

“Pramuka adalah salah satu tonggak penyelamat generasi muda. Minat generasi muda menjadi anggota pramuka harus ditingkatkan lagi. Namun, sebetulnya kalau anak-anak itu mengenal lebih jauh gerakan pramuka mereka dapat mempelajari hal-hal positif yang dilakukan oleh para anggota pramuka,” kata Walikota Pagaralam sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pagaralam, Hj. Ida Fitirati Basjuni, dalam peringatan acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Gerakan Pramuka sekaligus melantik para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pagaralam yang dipusatkan di Alun-alun Merdeka, Kota Pagaralam, Rabu (14/8).

Menurut Walikota, generasi muda yang berpikir positif tidak terjebak dalam perilaku yang bertentangan dengan moral seperti mabuk-mabukan dan minum-minuman keras serta obat-obatan.

“Kalau tidak diisi dengan kegiatan yang positif, generasi muda dewasa ini serba canggih dan dapat terjebak dalam kehidupan tak beraturan,” kata Ida.

Sebab itu, dalam sambutan sekaligus membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Ida  mengungkapkan revitalisasi gerakan pramuka menjadi salah satu tonggak bersejarah yang dimiliki bangsa ini. Pramuka dapat menjadi contoh dalam membimbing para generasi muda untuk menghadapi kehidupan yang positif dan baik.

“Saya sangat senang,  kita dapat merayakan puncak peringatan HUT pramuka ini tepat waktunya yaitu tanggal 14 Agustus dan tidak disatukan dengan kegiatan lain,” kata Ida.

Sebagai Kamabicab, Walikota akan mendukung segala  gerakan pramuka apalagi pramuka berjasa dalam upaya pendidikan  bagi kepribadian generasi muda. Selanjutnya ia mengatakan inti pokok peningkatan fungsi gerakan pramuka adalah standard keluaran, kompetensi yang ingin dipakai oleh peserta didik. Kemudian standard proses yaitu melaksanakan segala kegiatan dan program kerja, serta standard masukan, yaitu aspek ketenagaan dan sarana pendidikan kepramukaan.

“Gerakan pramuka menjadi bagian dalam memajukan Pagaralam, apalagi gerakan pramuka ini adalah gerakan nasional yang bisa dikatakan telah mengakar dalam budaya kita,” ujarnya.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah

Revitalisasi Gerakan Pramuka Wujud Pilar Generasi Muda





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster