Pasar Cinde Akan Direnovasi

 1,678 total views,  6 views today

pasar-cinde

Pasar Cinde Palembang

PALEMBANG, KS-Setelah merencanakan akan menata ulang Pasar I6 Ilir, Wali Kota Palembang, Romi Herton menggulirkan wacana untuk merenovasi Pasar Cinde. Rencana ini sebenarnya, dilakukan di era Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra. Namun sampai berakhirnya periodeisasi kepemimpinan Eddy, rencana tersebut belum juga terealisasi.

Kali ini rencana itu kembali digulirkan oleh sang penerusnya, Romi Herton. Akankah terealisasi ?, sulit menjawabnya. Namun menurut Romi, Pasar Cinde mendesak untuk di renovasi karena kondisinya yang sudah tua.

“Nantinya Pasar Cinde ini akan kita direnovasi, namun keaslian pasar tersebut akan tetap dipertahankan. Pasar ini merupakan pasar tua, dan terletak di jantung Kota yakni Jalan Jendral Sudirman, Palembang,”kata Romi yang dibincangi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Cinde, Rabu (14/8).

Mengenai rencana pembangunannya seperti apa, Romi mengatakan hal tersebut masih dipikirkan. Yang pasti ungkap Romi, akan lebih baik dari kondisi Pasar Cinde saat ini. “Kondisi Pasar Cinde saat ini, sudah banyak yang rusak. Kita upayakan, agar lebih baik lagi,”ujarnya.

Bagaimana dengan pedagang ?, menurutnya rencana renovasi Pasar Cinde itu mendapatkan sambutan positif dari para pedagang. “Saya sudah tanya dengan pedagang, mereka setuju untuk diperbaiki.  Selama renovasi nantinya, mereka akan kita carikan tempat semenetara waktu berdagang. Setelah selesai renovasi, para pedagang kembali menempati Pasar Cinde,”ungkapnya.

Ditanya soal dana yang akan dikeluarkan oleh pemkot untuk perbaikan pasar tersebut, Romi menjawab, saat ini masih dalam tahap rencana. Besaran dana yang akan digelontorkan pun, belum bisa dikemukan. “Belum tahu berapa besaran anggarannya nanti, baru akan kita pelajari terlebih dahulu,”tegasnya.

Namun sambungnya, Pasar Cinde nantinya akan dibangun dengan mengedepankan kenyaman pedagang dan pembeli yang bertransaksi di pasar itu. Pasar Cinde sebutnya, akan dibangun bertingkat sehingga memiliki lahan parkir yang luas.

“Kalau dibuat bertingkat, ada tempat parkir sepertinya tidak merugikan masyarakat. Kemungkinan akan dibangun sampai empat tingkat, sambil membudayakan untuk pejalan kaki,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster