Masyarakat Diajak Beralih Konsumsi Ikan

 202 total views,  4 views today

PALEMBANG, KS-Tingginya harga daging saat ini di pasaran, membuat warga kesulitan untuk membelinya. Karenanya menurut Wali Kota Palembang, Romi Herton, warga sebaliknya beralih dari mengkonsumsi daging ke ikan.

Ikan kata Romi, secara kandungan gizinya cukup tinggi dan tidak jauh berbeda dengan daging. Ia menyebut, ikan merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ikan, juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

“Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain, Omega 3, serat protein,  asam amino,  Vitamin A,  D, B6, B12,  zat besi, yodium,    selenium, dan fluor,” jelas Romi ketika dibincangi di sela-sela melakuan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Cinde, Rabu (14/8).

Selain itu jelasnya, harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan daging. Saat ini bebernya, harga daging di pasar-pasar tradisional di Palembang berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga ikan tegasnya, jauh dibawah itu.

“Palembang kan dikelilingi oleh sungai atau perairan, tentu produksi ikan kita berlimpah. Kita manfaatkan saja ikan yang ada di sungai kita,  misalnya dengan memancing atau yang lainnya yang bisa menghasilkan ikan,”kata Romi ketika dibincangi, Rabu (14/8).

Karenanya sebut Romi, warga harus memanfaatkan potensi ikan di Palembang dengan maksimal. “Mahalnya harga daging saat ini, adalah waktu yang tepat bagi kita untuk beralih mengkonsumsi ikan,”ajaknya.

Sementara itu, Edy (41), salah satu pedagang daging di Pasar Cinde menyebut, harga daging saat ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. “Kalau tahun lalu, seminggu setelah lebaran harga daging berkisar di harga Rp95 ribu per kg.  Sekarang rata-rata setiap pasar, pedagang menjual diatas angka Rp100 ribu per kg,” ucapnya.

Menurutnya, tingginya harga daging itu dikarenakan permintaan yang cukup tinggi. Sebab biasanya usai Idul Fitri, banyak masyarakat yang menggelar hajatan seperti pernikahan, khitanan dan lainnya.

“Seminggu menjelang Idul Fitri 1434 H lalu, permintaan sudah tinggi. Kalau sudah lebaran seperti sekarang ini, banyak yang membeli untuk keperluan hajatan,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster