Gerak Jalan Ramaikan HUT RI ke-68 Tahun

 572 total views,  2 views today

Peserta-Gerak-Jalan-di-Kota-Prabumulih

Peserta Gerak Jalan di Kota Prabumulih | Matondang KS

Prabumulih, KS-Dalam rangka menyambut HUT ke-68 RI,  Sabtu 17 Agustus 2013, di beberapa Kabupaten/Kota mengadakan berbagai kegiatan seperti lomba gerak jalan.

Di Kota Prabumulih, pemerintah mengadakan gerak jalan yang melibatkan seluruh siswa-siswi mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Pelaksanaan gerak jalan dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus-15 Agustus yang dimulai dari Lapangan Prabujaya hingga di bawah Kemang Pertamina kira-kira 2,5 KM dari pusat start gerak jalan.

Pelepasan gerak jalan ini dihadiri oleh Walikota, Ir. H Ridho Yahya,  Wakil Walikota, para kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian dan dari instansi pemerintah dan swasta serta kepolisian dan TNI dipusatkan di Lapangan Prabujaya.

Pelepasan gerak jalan pertama dilaksanakan oleh Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yahya, MM yang dimulai dari Tribun Prabujaya.  Hal ini  menandakan pelaksanaan sudah dimulai dan  disambut oleh para warga dengan sangat antusias. Mereka   menonton di pinggir jalan untuk menyaksikan pelaksanaan gerak jalan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-68 tahun.

Sementara itu di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Pemkab PALI juga menggelar lomba gerak jalan yang berlokasi di ibukota PALI, Pendopo Talang Ubi.

Seperti halnya lomba gerak jalan kreasi, yang diikuti seluruh pelajar di tingkat SD, SMP, dan SMA dan umum se Kecamatan Talang Ubi, kemarin (14/8). Para peserta ini terlihat sangat antusias mengikuti lomba gerak jalan kreasi.

Warga Talang Ubi yang terlihat antusias menyaksikan pelaksanaan lomba. Sehingga lomba inipun menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat Pendopo, yang memang haus akan hiburan, terlebih pasca lebaran.

Kawasan simpang lima Talang Ubi, sebagai lokasi pelepasan peserta lomba dipadati massa. Praktis kawasan bundaran ini tak bisa dilalui. Motor-motor parkir di tengah jalan. Jalan pun dialihkan.

Tri, warga Sungai Baung, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI. Dirinya memang sengaja datang ke Ibukota Kabupaten PALI ini untuk melihat langsung beberapa lomba-lomba yang diadakan dalam rangka menyambut HUT RI yang  ke 68 ini. Apalagi, tahun ini merupakan tahun pertama yang digelar oleh Pemkab PALI.

“Sengaja datang pak aku dari dusun, untuk melihat kegiatan lomba-lomba yang diadoke di Pendopo ini, yang memang setiap tahunnyo ado. Tapi tahun ini memang lebih ramai dibandingkan tahun-tahun lain, mungkin kareno tahun ini kito sudah jadi kabupaten sendiri,” ujarnya.

Lomba gerak jalan kreasi ini dilepas langsung oleh Penjabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM di kawasan simpang lima, Talang Ubi. Tampak pula tokoh masyarakat diantaranya, Iskandar Anwar SE dan Irwan ST. Kapolsek Talang Ubi AKP Zai’an ZL, Legal & Relation Pertamina EP Field Pendopo, M Haryono, dan jajaran Pemerintah Kabupaten PALI serta undangan lain.

Ketua Pelaksana loma gerak jalan kreasi, Drs HM Haris Muttaqin, mengatakan, lomba gerak jalan ini diikuti 98 peserta. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum.

“Rutenya mulai dari Sanggar (graha bakti Pramuka Pendopo -red), dilepas di Simpang Lima, Kebun Sayur, Simpang Empat, Lapangan Ampera, Perpov, Polsek lama, dan finish di depan asrama polisi Komperta Pendopo. Tahun depan, kita akan undang peserta dari seluruh wilayah PALI,” ungkapnya.

Hal yang sama juga di lakukan Pemerintah Kota Pagaralam. Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT), Republik Indonesia ke- 68 pada 17 Agustus 2013 mendatang, Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengelar kegiatan gerak jalan tingkat SD/MI sampai SMA/MA.

Rute yang dilewati para peserta gerak jalan dimulai dari Alun-alun Utara hingga Alun-alun Selatan.

Pantauan Kabar Sumatera, Rabu (14/8), acara berlangsung meriah dengan dihadiri Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni, Wakil Walikota Novirzah Djazuli SE, Ketua DPRD Ruslan Abdul Gani SE, Sekda Drs Safrudin MSi, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian beserta unsur Muspida menunggu dipanggung kehormatan di depan SDN 1 Kota Pagaralam.

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni MKes melalui Kabag Humas dan Protokol, M Helmi SE MM mengatakan, dengan diadakanya gerak jalan ini diharapkan dapat mendidik para siswa untuk kedisiplinan guna memupuk sumber daya manusia yang handal.

“Meskipun ditengah terik matahari, para siswa tetap semangat mengikuti lomba gerak jalan,” ujarnya.

Menurut Helmi, lomba gerak jalan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-68 dan dimaksudkan menjadi hiburan bagi masyarakat. Selain itu, pihaknya memuji para peserta  banyak unjuk kebolehan dengan variasi berjoget dalam kegiatan gerak jalan yang diikuti seluruh sekolah.

“Panitia pelaksanaan baris berbaris telah menyiapkan hadiah dan tropi bagi peserta yang barisannya paling rapi,” ujarnya seraya mengatakan sejak masuk kerja pasca liburan lebaran 12 Agustus lalu agenda pemerintah kota lumayan padat dalam menyambut Agustusan kali ini.

Ia melanjutkan, selain acara lomba baris-berbaris yang diikuti semua kalangan sekolah, pemerintah dan masyarakat umum, juga ada karnaval dan pawai akbar untuk umum yang semua acara tersebut diadakan di dua alun-alun yang ada di Pagaralam.

“Sejak  tanggal 12 sampai 14 Agustus 2013, kita adakan lomba baris-berbaris untuk sekolah. Sementara besok (15/8/2013), kita adakan lomba baris-berbaris untuk instansi pemerintah, swasta dan umum,” terang Helmi.

Upacara puncak peringatan detik-detik proklamasi, tambah Helmi, nantinya akan diikuti rangkaian acara lain seperti pemberian remisi kepada tahanan, upacara penurunan bendera serta tabur bunga di taman makam pahlawan Ksatria Besemah.

Teks:  Irsan Matondang/Indra Setia Haris/Antoni Stefen

Foto : Irsan Matondang

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster