Tanggulangi Kemiskinan Melalui PNPM

 268 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, bisa menanggulangi kemiskinan di Sumsel.

Karenanya menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Sumsel, Yusri Effendi, pemprov mendukung pelaksanaan PNPM. ‘’Selama ini apa yang dilakukan oleh pemprov, sama dengan PNPM Mandiri yakni menanggulangi kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja. Karena itu kita dukung penuh PNPM ini,’’ kata Yusri saat Silaturahmi dan Halal Bihalal para pelaku PNPM Mandiri Pedesaan se-Sumsel, di  Griya Agung, Selasa (13/8).

Lebih lanjut Yusri mengatakan bahwa keberadaan PNPM Mandiri yang dimulai tahun 2007 lalu sangat memberikan manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat.  Pemprov sebutnya, ikut memberikan bantuan dana dalam pelaksanaan PNPM Mandiri melalui penyediaan dana pendampingan administrasi proyek (PAP) minimal satu persen dari total bantuan langsung dari masyarakat (BLM).

Sejak 2008 lalu bebernya, pemprov mengalokasikan dana sebesar Rp. 8.865.148.000. “Untuk tahun-tahun mendatang, tentu akan kita tingkatkan lagi seiring dengan peningkatan dampak positif program ini di masyarakat,’’ ucap Yusri.

Sementara itu, Kepala PMPD Sumsel,H. Ahmad Rizali MA mengatakan, silaturahmi dan halal bihalal pelaku PNPM Mandiri itu, dihadiri lebih dari 500 orang yang terdiri dari para fasilitator dan anggota PNPM Mandiri Pedesaan di Sumsel.

‘’Dalam 5 tahun terakhir banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh PNPM Mandiri seperti pembangunan jalan setapak, jembatan, pasar, irigasi persawahan 5 hektar ke bawah, pembangunan sekolah, gedung kesehatan dan lain-lainnya. Hal ini dilakukan seiring dengan komitmen untuk memajukan PNPM Mandiri di Sumsel,” ujarnya.

Sedangkan Regional Managenet Consultan (RMC) II Sumsel, Catur Handoko menyampaikan gambaran umum hasil kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan di antaranya, telah melakukan penanaman investasi di Sumsel.

‘’Di antaranya model pelaksanaan pembangunan partisipatif yang terbukti  mampu memberi pelayanan ke masyarakat seperti kaum perempuan dan masyarakat miskin untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster