Masyarakat Cueki DPS

 203 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), mulai merampungkan masa masukan dan tanggapan masyarakat tentang daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan legislatif (pileg) 2014 mendatang.

Sayangnya, masyarakat cenderung cek terhadap DPS yang telah diumumkan 21 Juli lalu. Padahal masa perbaikan yang akan ditutup, Kamis (15/8). “Iya sepertinya masyarakat cuek dengan DPS yang telah kita umumkan sehingga sidikit sekali masukan,” kata komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis dan data, Herlambang ketika dibincangi, Selasa (13/8) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, DPS Sumsel untuk Pileg, totalnya 6.158.483, yang tidak jauh berubah dengan jumlah daftar penduduk potensial pemilih (DP4) dari kementerian dalam negeri (Kemendagri) telah dimutakhirkan.  “Tapi angka tersebut bertambah 333.718 dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel, 6 Juni lalu, 5.825.765,” ungkapnya.

Lanjutnya, sesuai jadwal, setelah mendapat tanggapan masyarakat, pada 16 Agustus nanti, PPS akan menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) untuk ditetapkan lagi menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2014 pada September mendatang.

“Yang jelas ada penambahan, karena terdapat beberapa mata pilih yang berubah. Seperti, adanya masyarakat yang genap 17 tahun atau menikah pada 9 April nanti dan peralihan dari pensiunan TNI/Polri atau sebaliknya. Tapi berapa jumlahnya belum tahu, tapi tidak akan terlalu banyak jika melihat respon dari masyarakat,”ujarnya.

Masih menurut Herlambang, untuk DPSHP ini, akan ada langsung tim dari KPU RI yang akan memantau langsung untuk memastikan sesuai dengan tahapan dan prosedur yang ada. “Saya kira wajar karena KPU yang berada satu tingkat ditasnya memiliki wewenang untuk memonitor dan memastikan agar sesuai dengan aturannya,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster