800 Penduduk ‘Gelap’ Datangi Palembang

 222 total views,  2 views today

kompas

Ilst. Urbanisasi | Kompas

PALEMBANG, KS-Sebagai kota besar, Palembang tidak luput dari arus urbanisasi. Setiap tahun, kota empek-empek ini didatangi warga pendatang,  untuk mengadukan nasib di metropolis.

Paska Idul Fitri 1434 H, diprakirakan Palembang akan dibanjiri sekitar 800 warga pendatang. Hal ini disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, M Ali Subri ketika dibincangi, Selasa (13/8).

Ia menyebut saat ini jumlah penduduk Palembang, sebanyak 1,680,137 juta jiwa. Sekitar satu persennya sebut dia, adalah penduduk datangan yang tersebar dari berbagai daerah.

“Namun, angka tersebut tidak bisa di data secara pasti untuk sekarang ini,  mereka baru bisa terdata setelah pendatang tersebut membuat kartu pengenal yakni elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP).  Biasanya juga, tidak semua warga pendatang itu membuat e-KTP, hanya sekitar 80 persennya saja,” kata Ali yang dibincangi di Balai Kota Palembang.

Sambung Ali, bagi pendatang baru yang akan melakukan pembuatan e-KTP haruslah memenuhi beberapa persyaratan. Misalnya surat pindah dari daerah asal, harus membuat Kartu Keluarga (KK). Jika persyaratan tersebut tidak ada, tidak bisa di data.

“Kalau sudah lengkap barulah mereka kami data dan bisa merekam untuk membuat e-KTP,”katanya seraya mengatakan persyaratan itu berlaku di seluruh kecamatan yang ada di Kota Palembang.

Menurut Ali, pendatang baru yang datang ke Palembang ini salah satunya adalah untuk mencari pekerjaan, selain itu ada juga mahasiswa baru, dan orang yang baru menikah. “Tapi yang paling banyak adalah karna ingin mencari pekerjaan,”tukasnya

Ali memastikan, Dukcapil akan segera mendata semua penduduk datangan itu apakah mereka sebagai penduduk musiman, atau akan mutasi/menetap

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster