Tiket Kereta Api Habis Terjual

 237 total views,  4 views today

kereta-api

Ilst. Kereta Api

PALEMBANG KS-Memasuki H-3, arus mudik jurusan Lubuk Linggau dan Rajabasa  Bandar Lampung  yang akan menggunakan jasa angkutan Kereta Api harus bersiap untuk beralih ke transportasi lain. Pasalnya, PT KAI  Palembang sudah over kapasitas hingga memasuki H+ 4 Idul Fitri 1434 Hijriah.

Santoso, staf divisi pemasaran PT KAI Palembang, sekaligus tim pemantau arus mudik “ Ketupat  Damai 2013” menuturkan, bila tiket penjualan kereta habis terjual hingga H+4. “ Arus mudik sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu.Namun kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api, di himbau untuk tidak membeli tiket melewati calo atau di luar adminitrasi resmi. Kita terus berupaya meningkatkan kualitas dan kenyamanan penumpang, untuk itu kami juga berharap partisipasi masyrakat untuk tidak membiasakan pola hidup tidak tertib, “ujar Santoso.

Sejauh ini, kata Santoso pihaknya berupaya untuk memberikan jaminan agar para penumpang tidak terlantarkan seperti halnya daerah –daerah lain. Untuk itu, pembelian tiket pun bisa di akses melalui Indomaret dan Stasiun Kertapati Palembang.

Sambung Santoso, hal itu di lakukan untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi tentang jadwal keberangkatan dan pembelian tiket penumpang. “ Insya Allah nanti kita akan upayakan penambahan gerbong  kereta bagi para penumpang  jika memang situasinya memaksakan. Namun untuk saat ini suasananya masih aman dan terkendali, “ ungkapnya.

Mengenai harga tiket, Santoso menjelaskan pihaknya menetapkan harga tiket kelas pagi Ekonomi sebesar Ro 40.000 hingga Rp 45.000 .Untuk kelas Ekonomi malam dan Bisnis di tetapkan sebesar Rp 90.000 hingga Rp 135.000.Dan untuk anak-anak tetap di kenakan biaya sebesar 50 persen sesuai kelasnya.

Sementara itu, Dewi Nuriah staf karyawan Indomaret Cabang Parameswara, Demang Lebar Daun Kecamatan Ilir Barat I Palembang kepada Harian Umum Kabar  Sumatera , Senin (5/8) mengatakan, bila tiket kereta api jurusan Lubuk Linggau dan Bandar  Lampung sudah over kapasitas hingga H+7 Idul fitri 1434 Hijriah.

“ Pembelian tiket di Indomaret harus di lakukan sehari sebelum keberangkatan, nah bisa saja sewaktu-waktu ada perubahan. Jadi kepada calon penumpang, masih bisa kok mendatkan tiket kereta di Stasiun. Jujur, kalau di sini kita hanya di batasi dan melayani calon penumpang berdasarkan pembagian tiket yang sudah ada, “ujar Dewi.

Sementara itu, Suprianto calon penumpang kereta api jurusan Rajabasa Bandar Lampung  yang di bincangi koran ini menambahkan, bahwa dirinya telah memesan tiket sejak dua pekan lalu. Itu pun harus bolak balik ke Indomaret.

“ Kalu membeli di Stasiun harus ngantri mas, mending beli di Indomaret lebih praktis,”katanya.

Menyikapi hal itu,  Albert Coleonardo,  pemerhati transportasi  di Palembang dari Universitas  Sriwijaya menyampaikan, kalau kebiasaan mudik secara bersama hendaknya di minimalisir. Hal itu sangat perlu untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“ Hendaknya itu menjadi kesadaran bersama yang harus di tumbuhkembangkan. Selain itu, kesadaran perusahaan transportasi untuk menjaga kenyamanan, keselamatan dan kapasitas kendaraan. Sehingga tidak ada kelebihan kapasitas yang memaksakan diri dan berakibat buruk bagi semuanya, “ tutup Albert.

TEKS : JEMMY SAPUTERA

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster