Sambutan Khusus Para Raja Timur Tengah

 344 total views,  2 views today

Raja-Dubai-Sheikh-Mohammed-bin-Rashid-al-Maktoum

Raja Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum

PALEMBANG | KS-Kemungkinan besar bakal hadirnya para raja asal Timur Tengah guna menyaksikan secara langsung event olahraga internasional, Islamic Solidarity Games (ISG) III di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September – 1 Oktober 2013 mendatang, mendapat perhatian serius pihak tuan rumah.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Muddai Madang mengatakan, dengan kehadiran para raja Timur Tengah, pihaknya dari sekarang sudah melakukan mempersiapkan menyambut orang-orang penting negeri Arab. Mulai dari pengamanan, tempat penginapan hingga makanan spesial bakal dihindangkan untuk tamu istimewa.

“Panitia telah mendapatkan informasi dari sejumlah negara Timur Tengah mengenai kedatangan raja atau kalangan bangsawannya sekelas Emir ke Sumsel. Sementara ini yang telah memastikan yakni Dubai dan Qatar. Ini belum final dan kemungkinan besar akan bertambah,” katanya.

Dia menjelaskan, kedatangan raja dari Qatar lantaran anaknya menjadi ketua sebuah asosiasi olahraga tingkat dunia. Sedangkan untuk Dubai sendiri karena memberikan perhatian terhadap setiap kontingen negaranya.

“Sumsel selaku tuan rumah akan mempersiapkan segala keperluan terutama mengenai sistem pengamanan. Pastinya akan ada pengamanan khusus karena yang datang ini adalah raja. Koordinasi tentunya akan dilakukan dengan TNI dan Polri,” ujarnya.

Sebagai partner, pihaknya melibatkan PT Angkasa Pura sebagai panitia pelaksana ISG. Memiliki tugas pokok sebagai pengelola pengusaan lalu lintas udara, lantaran para peserta mayoritas menggunakan pesawat pribadi.

“Secara keseluruhan jumlah panitia ISG mencapai 170 lebih. Termasuk panitia dari General Manager PT Angkasa Pura dan Imigran. Selain itu juga Liasion Officer (LO) berjumlah 288, terdiri dari Polentir berjumlah 218, pekerja (work pos) berjumlah 1800, jika dihitung-hitung jumlah tamu termasuk ITO, NTC, dan lain sebagainya kira-kira kurang lebih sebanyak 5000 tamu, yang mempertandingkan 13 cabang olahraga,” jelasnya.

Guna menjaga keamanan dan kenyaman para raja, rencananya pihak tuan rumah kemungkinan memanfaatkan bandara yang lama (jadi pangkalan TNI AU) khusus untuk menerima kedatangan pesawat sewa.

Selain tentunya tidak mempengaruhi penerbangan komersil agar tetap berlangsung normal seperti biasanya. “Mengenai teknisnya akan dibicarakan dengan pihak Angkasa Pura,” ujarnya.

Sebagai informasi, Sumsel yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 telah mendapatkan payung hukum berupa penetapan resmi selaku tuan rumah ISG dari presiden melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) pada (29/7) lalu.

Sebanyak 38 negara telah memastikan keikutsertaan, diantaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesia. Sementara, 19 negara hanya sebagai peninjau karena juga anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster