Layani Pemudik Dinkes Banyuasin Siapkan Tim Medis

 333 total views,  2 views today

PANGKALAN BALAI-KSArus mudik kali ini, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Kesehatan setempat, menyiagakan 4 orang dokter jaga, 4 ambulance dan 8 paramedis.

Perangkat medis tersebut, akan ditempatkan di 4 pos bersama gabungan Polres, Dishub, Pol PP dan Dinas Kesehatan Banyuasin dengan sistem penjagaan dua shift.

Tidak hanya itu, sejumlah Puskesmas dan dokter disiagakan di beberapa titik tertentu, seperti di Puskesmas Sukajadi, Puskesmas Sembawa, Puskesmas Pangkalan Balai dan Puskesmas Betung.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banyuasin, dr Hj Ayuhana Awam mengatakan, disediakannya layanan 24 jam dari tenaga medis untuk  memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik yang hendak pulang kampung lebaran tahun ini.

“Mereka nantinya akan bertugas selama 24 jam yang dibagi dalam dua shift jaga, baik di RSUD Banyuasin sebagai pusat rujukan, maupun di sejumlah Puskesmas dan posko bersama. Selain untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik, pihaknya juga memberikan layanan kesehatan plus kepada masyarakat lainnya, seperti dengan menyiagakan ratusan tenaga medis, termasuk bidan dan tenaga medis lainnya,” katanya.

Bahkan, sejumlah pustu juga kita siagakan, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Untuk pasokan obat, dijelaskan dr Ayuhana, seluruh Puskesmas dan pustu wajib menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan. “Obat-obatnya harus siap, sebab nanti kan berbenturan dengan libur bersama, mereka (Rumah Sakit, Puskesmas dan Pustu) harus menyiapkan stok obat yang cukup,” terangnya.

Bagaimana dengan apotik, diakui Ayuhana, sebenarnya peranan apotik sangat dominan dalam penyediaan obat. Namun status apotik merupakan perusahaan swasta yang tidak ada kaitannya dengan pemerintah.

“Untuk mengkoordinirnya sedikit mengalami kesulitan. Namun kami berharap, seluruh apotik yang ada di Banyuasin, terutama di pinggir jalan lintas, bisa melayani para pemudik dan masyarakat sekitar dengan baik,” imbuhnya.

Pasca lebaran, dikatakan Ayuhana, apotek ataupun toko obat yang berada di sepanjang Jalintim wilayah Banyuasin diminta untuk tetap buka. “Kita menghimbau, agar toko obat dan apotek tetap buka selama hari raya berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan obat masyarakat yang biasanya mengalami peningkatan,” pungkasnya.

Teks: Diding Karnadi

Editor: Sarono P Sasmito

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster