Biar Mahal, Ayam Kampung Banyak Peminat

 1,546 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS- Para peminat ayam kampung atau ayam dusun meningkat drastis. Walaupun harganya bisa mencapai dua kali lipat ayam biasa atau broiler.

Keberadaan ayam yang sekarang agak jarang ditemukan di Pagaralam mengingat sudah tidak banyak yang memeliharanya terutama di daerah perkotaan. Sebab itu harganya ada yang paling murah Rp 60ribu hingga yang paling mahal bisa tembus Rp150ribu per ekor bahkan lebih. Sementara jika dibandingkan dengan ayam potong broiler atau ayam kuning yang rata-rata masih di kisaran harga Rp45 ribu per ekor.

Menurut Maya (52), pedagang yang mangkal di seputaran Simpang Tebat Baru Ilir, Kecamatan Pagaralam Selatan, membenarkan tingginya permintaan terhadap ayam kampung itu. “Menjelang Idul Fitri kali ini permintaan meningkat, karena ayam kampung¬† memang lebih lezat dan gurih dibandingkan ayam potong broiler,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat sudah agak bosan dengan ayam broiler sehingga mereka ingin berganti variasi rasa. “Apalagi jika ingin bikin opor atau kuah ketupat, ayam ini jelas lebih nikmat dan terasa,” tambahnya.

Sementara beberapa pembeli mengungkapkan hal sama. Mereka menilai baik dari gizi, kepadatan, rasa, maupun kenikmatan rasa ayam kampung lebih alami. “Kemungkinan karena tidak makan pur atau makanan olahan, melainkan makanannya langsung dari alam.¬† Sehingga rasa daging ayam kampung begitu nikmat ” kata Avin,” warga Bangunrejo.

Pantauan di lapangan dalam beberapa hari terakhir menjelang lebaran ini harga ayam merangkak naik. Dari rata-rata Rp25rb sampai Rp35 ribu sekarang naik menjadi 45 ribu bahkan mencapai Rp60 ribu per ekor.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Sukman ST MM beberapa waktu lalu menyampaikan persediaan ayam potong sangat mencukupi di Pagaralam. “Menjelang lebaran ini stok ayam bisa dikatakan berlebih. Kita tinggal mengawasi distribusi dan kesehatannya supaya aman dikonsumsi warga,” ujarnya singkat.

 

Teks: Antoni Stefen

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster