Ramadhan Sampah Meningkat

 161 total views,  2 views today

sampah

Ilst. Sampah

BANYUASIN/KS-Sampah yang berasal dari rumah tangga selama bulan Ramadan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kepala UPT Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Kecamatan Talang Kelapa, Hairul Zenlana SH M.Si mengatakan, pada biasa produksi sampah di Banyuasin khususnya di Kecamatan Talang Kelapa  mencapai 0,6 kilogram  per orang sementara untuk dibulan puasa mencapai 0,8 per orang .

“Kita perkirakan ada kenaikan 0,2 tiap timbulan sampah per orang,” kata Hairul Zenlana

Hairul Zenlana mengatakan, penumpukan sampah terbanyak nantinya adalah di kawasan pasar bedug, pemukiman padat penduduk “Kalau puasa sampah menumpuk di pusat pasar bedug, sama pemukiman padat,” katanya.

Penumpukan sampah paling banyak adalah pada malam hari setelah berbuka, dan pada subuh hari ketika sahur. Untuk sampah yang menumpuk di pasar bedug dan di lokasi-lokasi lainnya, menurut siswa  petugasnya akan menyesuaikan dengan waktu. “Bulan Ramadhan ini kita menyesuaikan kerja,” katanya.

Hairul Zenlana juga mengatakan akan terjadi peningkatan produksi sampah yang sangat drastis di 2 hari menjelang lebaran. Dan khusus untuk lebaran sudah mempersiapkan penanganan sampah lebaran, dimana penanganan sampah dilaksanakan malam hari sampai benar-benar bersih, sehingga di pagi lebaran kondisi lingkungan kembali bersih.

“Kalau menjelang lebaran penanganan sampah bakal kita intensifkan sehingga saat pagi lebaran titik pembuangan sampah bisa benar-benar bersih,” katanya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster