Arus Mudik Mulai Menggeliat

 66 total views,  3 views today

hllllllllll

Suasana Arus Mudik Di Jalintim OI | Joen KS

INDRALAYA|KS-Memasuki H-4, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah, arus mudik sejumlah kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mulai semakin terlihat.

Kendati masih terlihat lengang, namun sejumlah kendaraan bernomor polisi luar Sumatera Selatan (Sumsel) mulai mendominasi Jalintim Ogan Ilir.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, sepanjang Jalintim Ogan Ilir belum terasa keramaian sejumlah kendaraan yang hilir mudik melalui Jalintim ini. Hanya saja sebagian besar kendaraan fuso atau sarat muatan kecuali sembako dan Pertamina semakin berkurang.

Dalam hitungan menit, ada belasan kendaraan berbagai jenis baik sedan, jeep, maupun minibus yang melintasi Jalintim Ogan Ilir ini. Begitu pula dengan arus mudik menggunakan bus penumpang Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP), baru sebagian saja yang melintasi jalur tersebut.

Kendaraan berpelat luar yang melalui Jalintim Ogan Ilir yang dalam hal ini Palembang-Indralaya di antaranya B, BM, BE, T, A, E, D, F, H, dan lain sebagainya.

“Biasanya Jalintim Ogan Ilir ini mulai ramai pada pagi dan sore hari, di mana banyak kendaraan plat luar melintasi jalur ini. Keramaian itu pun terjadi pada daerah tertentu saja, seperti di Pasar Indralaya, simpang Sakatiga, Timbangan dan lainnya,” ujar Ahmad, salah satu warga di Indralaya ini, Minggu (4/8), kemarin.

Khusus di Pasar Indralaya, lanjut Ahmad, meskipun ada pos pengamanan lebaran, masih saja kemacetan terjadi. “Memeng tidak begitu padat dan selama ada pospam ini sedikit mengurangi kemacete. Namun, diakui atau tidak kemacetan di Indralaya ini masih terjadi,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Ogan Ilir, Mustarsyah memprediksikan lonjakan arus mudik kendaraan di Jalintim Ogan Ilir baru akan terasa pada H-2 Idul Fitri. “Saat ini saja perlahan kuantitas kendaraan semakin meningkat, khususnya yang berasal dari luar Sumsel. Belum lagi pada H-2 dan H-1 Idul Fitri,” terangnya.

Sementara itu di Kota Pagaralam, meningkatnya arus kendaraan di Pagaralam mulai terasa dalam beberapa hari terakhir. Pada H-4 lebaran, ratusan kendaraan berdatangan dari berbagai penjuru masuk ke Pagaralam.

Pantauan di lapangan, kendaraan yang masuk tidak hanya bus-bus antar kota baik Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) tetapi juga mobil-mobil travel juga menambah armadanya.

Lukman, pengurus Travel Rajawali jurusan Jakarta-Lampung-Pagaralam mengakui penambahan penumpang itu.

“Memang ada penambahan penumpang, biasanya kami hanya memberangkatkan dua armada atau paling banyak empat armada per hari. Tapi dalam masa liburan kali ini kami bisa memberangkatkan sampai empat armada,” ujar Lukman.

Senada dituturkan Marlon, pengurus loket bus Sinar Dempo jurusan Pagaralam – Jakarta – Yogya juga mengakui peningkatan penumpang sampai tiga kali lipat. “Penambahan penumpang terutama untuk kedatangan, sedangkan yang berangkat tidak begitu banyak,” terangnya.

Namun, tidak hanya angkutan umum yang ramai, tetapi pengguna kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat juga banyak yang berdatangan. Mobil atau sepeda motor bernomor polisi luar Sumsel berseliweran. Hal ini menimbulkan kemacetan di beberapa titik seperti di seputaran Pasar Dempo Permai yang sehari-harinya sudah macet menjadi semakin macet. Di jalur dari Simpang Asam – Depan Masjid Agung sampai Simpang Jalan Gunung Dempo juga semakin macet terutama pagi dan sore hari.

Terpisah, Kapolres Pagaralam, AKBP Rd. Hendrawan melalui Kasatlantas AKP Herry Widodo SH menjelaskan peningkatan jumlah kendaraan memang sangat terasa sejak H-7 lebaran. Meski demikian, guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait di Pemkot Pagaralam seperti Dishubkominfo, TNI, Sat Pol PP, sampai ke Dinas Kesehatan.

“Meningkatnya angka pemakai jalan sejak H-7, sedangkan kita telah menyiagakan lima posko disejumlah titik di penjuru Pagaralam sebagai bagian dari Operasi Ketupat 2013. Kita akan terus berkoordinasi dan membantu kelancaran arus mudik tahun ini,” kata Herry.

Volume kendaraan mulai alami peningkatan

Di Kabupaten Banyuasi juga mengalami hal yang sama, volume kendaraan yang melintas di Jalinsum tepatnya di Kabupaten Banyuasin mulai mengalami peningkatan.

Pada hari biasa, jumlah kendaraan bermotor yang melintas sekitar 800 unit sampai dengan 1000 unit per hari, pada H-5 ini meningkat 10 persen.

Peningkatan volume kendaraan yang melintas ini, disebabkan sudah mulai berlangsungnya masa libur sekolah, ditambah dengan masa liburan PNS yang tinggal 1 hari lagi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Supriadi SE MESR, kepada media ini mengatakan, peningkatan arus mudik lebaran ini memang sudah diprediksi sebelumnya.

“Peningkatan volume kendaraan ini didominasi oleh angkutan penumpang seperti kendaraan pribadi dan bus, baik jenis AKDP maupun AKAP. Sedangkan untuk angkutan barang peningkatannya tidak terlalu significant, “ terangnya.

Dinas Perhubungan sendiri, lanjutnya selalu memantau arus kendaraan yang melintas. Pantauan ini sangat penting untuk memberikan gambaran daerah yang rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP Achmad Iksan SIK menambahkan, meski mengalami peningkatan, namun kondisi lalulintas di Banyuasin masih dalam tahap kondusif.

Artinya, peningkatan yang terjadi tidak terlalu significant. Namun meski demikian Kapolres menghimbau para pemudik untuk hati – hati dalam mengemudikan kendaraan.

“ Himbauan kami patuhi semua peraturan lalulintas, jangan memotong kendaraan yang ada didepan kalau kondisinya tidak aman. Kurangi kecepatan kalau sudah tidak mampu mengendalikan laju kendaraan bermotor.” Ucapnya.

Syukrowi (47), pemudik asal Jambi kepada koran ini mengaku, kemacetan arus lalulintas sebenarnya sudah mulai dirasakan dibeberapa tempat. Namun kemacetan yang terjadi tidak terlalu lama dan menyebabkan kendaraan berhenti.

Teks: Junaedi Abdillah/Antoni stefen/Diding Karnadi

Foto : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster