Tak Mengira Operasi Gratis di RSCM

 212 total views,  2 views today

pasien-transplantasi

Beni Pramana Putra (27) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Jumat (2/8)

PALEMBANG, KS-Sutan Himsarsalades, tak bisa menahan harunya. Berjalan santai, sambil mendorong kursi roda yang di duduki anaknya, Beni Pramana Putra (27) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Jumat (2/8), Sutan lebih banyak diam dan bersyukur karena harapan melihat putranya, sembuhnya dari penyakitnya ada di depan mata.

Putra Sutan, Beni Pramana selama ini mengalami gagal ginjal sehingga harus keluar masuk rumah sakit (RS),untuk mendapatkan perawatan. Beni, harus cuci darah agar terus bisa bertahan hidup.

Kemarin, warga Jalan Ampibi, Nomor 04, RT 34, Sekip Ujung itu di rujuk ke RSCM untuk di operasi pencangkokkan ginjal. Sutan, tidak harus mengeluarkan biaya sedikit pun karena biaya ratusan juta rupiah yang harusnya dikeluarkan ia sudah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Sumsel melalui program berobat gratis.

“Jujur, awalnya saya tak percaya. Namun semuanya benar gratis,  operasi pencangkokkan ginjal anak saya di RSCM, ditanggung pemprov melalui program berobat gratis,” ucapnya.

Sutan mengaku, selama ini tidak berharap banyak anaknya bisa sehat seperti semula. Karena untuk membiayai pengobatan anaknya apalagi untuk operasi pencangkokkan ginjal, tak pernah terlintas dalam pikirannya.

Sebab kata Sutan, ia tidak mampu untuk mengeluarkan uang ratusan juta rupiah guna membiayai pengobatan anaknya, Beni tersebut.  “Tetapi saya tak mengira, kalau berobat gratis benar-benar gratis. Delapan bulan,  anak saya di rawat di Rumah Sakit Mohammad Hoesain (RSMH), Palembang.  Selama perawatan, saya tidak mengeluarkan biaya dan mendapatkan fasilitas pelayanan prima. Kemudian anak saya di rujuk ke RSCM, juga tanpa biaya,” tuturnya.

“Saya berterima kasih pada Pemprov Sumsel, yang sudah membiayai pengobatan anak saya bahkan sampai di operasi di RSCM. Alhamdullilah, ini  berkah tuhan yang luar biasa, untuk kami sekeluarga,” ungkapnya dengan mata  berkaca-kaca.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang dibincangi di DPRD Sumsel mengatakan pengobatan Beni Pramana Putra di RSCM menunjukkan kalau program berobat gratis, tidak hanya untuk membiayai pengobatan sakit-sakit ringan tetapi juga sakit berat.

“Ini komitmen pemprov, untuk menjamin kesehatan warga Sumsel. Kita berharap ia cepat sembuh, kemudian perawatan selanjutnya akan dilanjutkan di Palembang. Ia terpaksa dibawa ke Jakarta, karena di Palembang belum ada RS yang bisa melakukan operasi pencangkokkan ginjal,”tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster