Angin Kencang Hantam Pohon dan Rumah Warga

 285 total views,  2 views today

HL-Andalas------Rumah-milik-Harkanudin-mengalami-rusak-berat-akibat-dihantam-angin-kencang

Rumah milik Harkanudin mengalami rusak berat akibat dihantam angin kencang | Antoni KS

PAGARALAM, KS—Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Rabu (1/8), pagi hingga malam hari mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan menerbangkan atap rumah warga di Dusun Ujan Mas, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara.

Selain menumbangkan pohon dan menerjang atap warga, akibat angin kencang juga menyebabkan aliran listrik di wilayah tersebut mati. Tak ayal, padamnya aliran listrik menyulitkan warga untuk mengevakuasi barang berharga.

Beruntung, dalam musibah angin kencang, tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (1/8), sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, hujan turun sangat deras dan disertai angin kencang.

Kencangnya angin pohon besar yang berada dibeberapa titik tumbang. Selain itu, angin juga menghantam atap rumah warga. Warga yang saat itu sedang beraktifitas dirumah terkejut dengan suara gemuruh hujan dan berusaha menyelamatkan diri agar tidak tertimpa atap rumah. Tidak berlangsung lama, aliran litrik langsung padam.

Di lapangan juga terpantau, belasan rumah warga mengalami rudak ringan dan dua rumah warga mengalami rusak berat.

Yudi (40), warga setempat mengatakan, angin kencang disertai hujan deras membuat belasan rumah warga  mengalami kerusakan. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB.

“Peristiwa itu berlangsung begitu cepat sekali, disertai hujan deras hingga robohkan sejumlah pepohonan maupun atap rumah warga. Ditambah lagi kondisi aliran listrik padam hingga tengah malam,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Bobi, warga Pagardin. Menurutnya, angin kencang seperti angin puting beliung telah merusak sejumlah rumah termasuk merobohkan sejumlah pepohonan di kebun milik warga.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar sangat cepat, hingga membuat sejumlah rumah warga rusak ringan bahkan  ada yang harus merelahkan atap rumahnya hancur berkeping-keping.

“Sejumlah warga tengah bergotong royong mengumpulkan peralatan rumah tangga berikut memperbaiki kondisi rumah yang mengalami kerusakan akibat dihantam angin puing beliung,” ujar Bobi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, Herawadi S.Sos saat dikonfirmasi membenarkan, jika sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat dihantam angin kencang yang terjadi Kamis (1/8/2013), lalu.

“Akibat kejadian ini ada sekitar dua rumah milik Harkanudin mengalami rusak berat dan sekitar 11 rumah lainnya mengalami rusak ringan. Kami sudah menerjunkan sejumlah personil untuk mendata rumah warga yang mengalami kerusakan,” katanya seraya mengatakan akibat kejadian ini tidak ditemukan adanya korban jiwa.

Ia mengakui, Kota Pagaralam, merupakan rawan terhadap bencana, mulai dari banjir bandang, longsor, angin puting beliung dan lainnya. Sementara  datangnya musim pancaroba ini membuat bencana tersebut sangat rentan sekali terjadi, mengingat letak geografis Kota Pagaralam berada didaerah pegunungan.

“Guna mengantisipasi hal-hal tersebut, setiap warga diminta agar selalu mewaspadai maupun  memperhatikan titik-titk rawan bencana. Selain itu diharapkan untuk memulai melakukan penanaman pohon pelindung serta mematuhi peraturan yang berlaku untuk tidak melakukan perluasan perkebunan di kawasan hutan lindung maupun dikawasan DAS,” hendaknya.

Teks : Antoni Stefen

Editor ; Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster