Si jago Lahap Tiga Rumah Warga

 309 total views,  2 views today

KAYUAGUNG, KS-Tiga rumah warga di Dusun I, Desa Keman, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  ludes dilalap si jago merah, Kamis (1/8) sekitar pukul 12.15 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun dipastikan kerugian mencapai ratusan juta rupiah

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera dilapangan, api di duga berasal dari konsleting listrik PLN di rumah Kori (48), staf kantor Camat Pampangan. Saat itu api diketahui berasal dari bubungan rumah dibagian belakang.

Melihat kobaran api yang sudah membubung besar di bagian atap rumah, kemudian warga secara beramai-ramai berusaha untuk memadamkan api dengan cara menyiram air dengan menggunakan ember dan dua mesin pompa air.

Namun usaha warga tak membuahkan hasil bahkan api semakin membesar dan menjalar keseluruh badan rumah. Usai  menghanguskan rumah korban Kori dan Mamat,  api kemudian menjalar kerumah Seni yang berada di sebelah rumah Mamat yang kebenaran juga bentuk rumah sama dengan rumah korban Mamat terbuat dari rumah panggung, dengan dinding papan dan dbawah rumah berupa toko.

Karena bangunan rumah terbuat dari bahan yang muda terbakar, akhirnya api dengan mudahnya menjalar, apalagi saat kebakaran kondisi cuaca cukup panas disertai angin kencang, sehingga upaya warga tak membawakan hasil.

Namun, setelah api menghanguskan tiga rumah, tak lama kemudian mobil pemadam kebakaran milik Pemkab OKI datang kelokasi dan kemudian menyirami sisa api yang masih menjalar di bahan bangunan rumah, hingga kemarin bantuan dari Pemerintah maupun pihak lainnya belum diterima korban, akibat kejadian tersebut ketiga korban mengalami kerugian sekitar Rp 700 juta.

Menurut Camat Alexander, kepada Koran ini menyebutkan bahwa kobaran api sangat cepat sekali, banyak harta benda milik korban tidak sempat diselamatkan seperti sebuah sepeda motor milik Kori serta beberapa barang berharga lainnya,” ujarnya.

Menurutnya  api beraksi hanya sekitar 45 melalap tiga rumah korban. Akibat kebakaran tersebut 10 KK kehilangan tempat tinggal.

Namun untuk sementara korban masih ditampung di rumah tetangga, mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari relawan, saat ini yang dibutuhkan korban yang mendesak adalah bahan sembako dan kita sudah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Sosial kabupaten OKI kemarin.

Teks/foto : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster