Harga Rp50 Ribu Dijual Rp25 Ribu

 107 total views,  2 views today

antara-foto

Ilst. Pasar Murah | Antara Foto

PALEMBANG, KS-Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang,  Kamis (1/8), menggelar pasar murah di lapangan sepakbola Lebong Siarang, Jalan Sosial, KM 5, Palembang.

Pantauan Kabar Sumatera,  pasar murah itu cukup diminati masyarakat. Apalagi harga barang yang di jual di pasar murah itu jauh dibawah harga pasaran. Umumnya, harga-harga barang yang di jual sudah di diskon 50 persen.

Barang-barang di pasar murah itu kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Disperindagkop Kota Palembang, Yustinus,  jauh di harga normal. “Harga paket sembako misalnya, kalau normalnya Rp50 ribu namun disini di jual dengan harga Rp25 ribu,” kata Yustinus ketika dibincangi, Kamis (1/8).

Ia menyebut, pasar murah tersebut adalah pasar terakhir yang digelar mereka pada bulan suci ramadhan tahun ini. Dalam pasar murah itu bebernya, Disperindagkop melibatkan 30 pengusaha, toko modern dan distributor.

“Selain itu, kami juga melibatkan Bank Indonesia (BI). Mereka yang menjual paket sembako.  Kualitas sembako yang di jual, sama seperti sembako di pasaran walau pun harga yang di jual disini sudah di diskon 50 persen,” ucapnya.

Tak hanya sembako, kebutuhan lainnya seperti minyak goreng, beras, sirup, gula juga di jual.  “Kita tidak berani menjual yang jelek, kami mempunyai keinginan agar pasar murah ini, memang menyentuh di masyarakat kalangan bawah.  Selain sembako, di pasar murah ini juga di jual elpiji 3 kilogram sebanyak 500 tabung yang di jual Rp12 ribu pertabungnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Ekonomi Moneter BI, Syailendra mengatakan, keterlibatan BI dalam pasar murah itu adalah bagian dari corporate social responsibility (CSR) BI.  “Ini upaya kami untuk membantu masyarakat, mendapatkan kebutuhan dengan harga murah,” ujarnya.

Menurut Syailendra, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi berefek pada tingginya inflasi sehingga mempengaruhi kenaikan semua harga kebutuhan. Dari pasar murah itulah ungkapnya, diharapkan dapat bisa meredam inflasi yang terjadi di Kota Palembang.

“Dalam pasar murah ini, kami menyediakan 1000 paket sembako. Semua paket sembako itu, harga normalnya Rp50 ribu namun di jual Rp25 ribu. Dalam setiap paket berisikan 3 kg beras, 1 liter minyak goreng dan 1 kotak teh, “imbuhnya.

Sementara itu, Sundari, salah seorang warga mengaku sedikit terbantu dengan adanya pasar murah. “Cukup terbantulah, satu paket sembako disini saya beli Rp25 ribu. Isinya, beras, gula, minyak goreng. Kalau beli di pasar, mungkin harganya sekitar Rp60 ribu,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster