Waspada, Enam Titik Kemacetan di OI

25 total views, 3 views today

macet

Ilst. Jalan Macet

INDRALAYA|KS-Pemudik yang hendak melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Inderalaya, baik dengan tujuan Pulau Jawa maupun Sumatera harus mewaspadai beberapa titik kemacetan.

Di Kabupaten Ogan Ilir (OI), ada enam titik yang disinyalir sebagai rawan kemacetan pada arus mudik nanti. Enam titik tersebut yakni  seperti di Kilometer 9 simpang musi II, Km 11 Desa Ibul Besar, Pemulutan, Km 32 Timbangan, Km 36 Pasar Inpres Indralaya, Desa Tebing Gerinting, dan Km 56 Pasar Tanjung Raja.

Untuk mengantisipasi hal itu, Kepolisian Resort (Polres) Ogan Ilir akan menyiagakan anggotanya di 6 titik rawan kemacetan disepanjang Jalintim yang disinyalir rawan kemacetan.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Deni Dharmapala, mengatakan, keberadaan personil Polres disejumlah titik rawan kemacetan itu dimaksudkan untuk mengurai antrian panjang kendaraan selama arus mudik dan balik.

“Mereka (para anggota) akan disebar di 6 titik kemacetan, termasuk ditempatkan di dua pospam yakni di pospam Km 27 dekat RM Tiga Saudara dan Pospam Pasar Indralaya,” katanya.

Dalam operasi ketupat tahun 2013 yang dimulai dari tanggal 2-17 Agustus, kata Kapolres, setidaknya mengerahkan 99 personil dari berbagai satuan. Disamping itu, pihaknya juga melibatkan berbagai instansi lain seperti Dishub Ogan Ilir, Satuan Pol PP, Dinas Kesehatan, Pramuka maupun TNI.

Bukan itu saja, lanjut Kapolres, pihaknya juga akan mengerahkan petugas untuk berpatroli pada titik kemacetan sekaligus mengantisipasi aksi kriminalitas disepanjang Jalintim Ogan Ilir, tepatnya jalan lurus Palembang-Indralaya.

“Kami juga meminta kepada pengendara untuk tertib berlalu lintas dan tidak saling mendahului. Ya, diprediksi lonjakan arus mudik terjadi pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah,”tutur Kapolres.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Ogan Ilir Kompol S Samosir didampingi Paur Humas Iptu Zahirin menyatakan ada sejumlah daerah yang dianggap sebagai rawan pencurian dengan kekerasan (curas) seperti di Kilometer 20 hingga Km 24 Simpang Rambutan dan Desa Parit.

“Anggota Polres akan senantiasa melakukan patroli rutin disepanjang Jalintim Ogan Ilir. Langkah ini dimaksudkan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas disepanjang Jalintim,” tuturnya.

Begitu pula bagi rumah kosong, kata dia, pihaknya mengimbau kepada pemilik rumah untuk dapat lebih memperhatikan keadaan rumah ketika hendak mudik atau dapat menitipkan kepada tetangga jika hendak bepergian.

“Masyarakat juga harus lebih proaktif ketika hendak bepergian mudik. Tentunya dengan menggalakkan poskamling serta memberikan kepercayaan kepada tetangga untuk menjaga selama mudik berlangsung,”terangnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com