Harga Ikan Gabus Melambung

 482 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS -Menjelang hari raya Idhul Fitri 1434 H. Harga ikan gabus dipasaran menunjukkan tren d meningkat dari hari ke hari.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera di Lapangan harga ikan yang biasanya digunakan menjadi bahan baku untuk membuat empek-empek ini mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Menurut Aslam penjual ikan giling di kawasan pasar sekanak mengatakan ikan gabus mengalami kenaikan harga hingga dua kali lipat di Palembang. “Saat ini harganya tembus Rp 65.000 per kilogram dan di prediksi harga akan terus meningkat hingga H-2 lebaran bahkan bisa mencapai Rp 80.000 per kilogram, padahal di hari biasa hanya berkisar Rp 35-40.000 kilogram,”ungkapnya kemarin (30/7).

Meskipun harganya mahal, ikan tetap diburu warga Palembang pasalnya, Ikan gabus merupakan bahan utama pembuatan makanan empek-empek yang biasanya menjadi menu utama saat lebaran.

“Kalau lebaran ini kita makanan yang enak-enak, termasuk juga empek-empek yang paling enak, yang menggunakan ikan sungai, ikan gabus. Kalau sehari-hari kan kita lebih sering makan empek-empek dari ikan laut,” kata amilin warga lorok Pakjo

Tingginya permintaan ikan gabus, karena masyarakat Palembang lebih memilih bahan baku empek-empek dengan menggunakan ikan sungai, dibandingkan ikan laut. Alasannya ikan sungai tidak terlalu amis dibandingkan ikan laut, dan tidak terasa gatal di mulut. Kalaupun ikan laut yang digunakan yakni ikan tenggiri, sebab aroma dan rasanya seperti ikan sungai.

rosida penjul empek-empek di kawasan 27 ilir mengatakan Dulu, ikan sungai yang digunakan yakni ikan belida, tapi karena ikan ini sudah jarang didapatkan akibat banyak lahan rawa-rawa yang ditimbun, sejak tahun 1990-an, warga Palembang lebih sering menggunakan ikan gabus.

“Sementara para pedagang empek-empek yang masih menggunakan bahan baku ikan belida, terpaksa mendapat suplay dari Kalimantan yang masih banyak didapatkan ikan belida. Di Kalimantan sendiri ikan belida disebut ikan pipih,” tutup rosidah

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster