Travel Sepi Penumpang

 209 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Idul Fitri, menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha oto bos (PO). Karena, tradisi mudik menjelang lebaran membuat angkutan untuk mudik laris manis diserbu oleh masyarakat yang hendak berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Namun berkah ini, nampaknya tidak dinikmati pengusaha travel.  Sejumlah pengusaha travel dengan tujuan antar kota dalam provinsi di Sumatera Selatan (Sumsel), justru sepi pesanan.

Padahal tahun-tahun sebelumnya, masyarakat yang memesan tiket untuk mudik pada pekan yang sama tahun lalu sudah mengalami kenaikan cukup signifikan. “Kalau tahun lalu,  biasanya sudah banyak masyarakat yang memesan tiket. Namun sekarang, masih sepi. Mungkin nanti kalau libur anak sekolah, baru mulai banyak bookingan,”kata Nanang, pengelola Travel Blue Safir ketika dibincangi, Senin (29/7).

Nanang menyebut, sampai kemarin belum ada peningkatan jumlah penumpang maupun pesanan tiket. Tetapi kata Nanang, untuk H-1 semua tiket sudah habis dipesan. Sedangkan hari-hari lain, masih normal.

Menurutnya, kondisi itu disebabkan karena berbarengan dengan tahun ajaran baru. Selain itu juga disebabkan, kenaikan bahan bakar minyak (BBM). “Meski begitu, kami yakin menjelang H-3 geliat pemesan tiket akan meningkat. Seiring ramainya pemesan tiket, kami akan menyiapkan armada tambahan untuk setiap jam menjadi tiga mobil,”ucapnya.

Sementara itu,  Riko, pengelola LWS Travel mengakui hal yang sama. Ia menyebut, tahun ini sedikit terjadi penurunan penumpang jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sampai saat ini kata Riko, belum ada yang memesan untuk lebaran nanti. “Mungkin nanti sekitar H-3 bakal ramai, sekarang sih masih sepi. Tidak tahu juga kenapa, mungkin faktor kenaikan BBM,” ujarnya

Memang kata Riko, efek dari kenaikan harga BBM mau tidak mau tarif travel juga ikut naik. Jika sebelumnya untuk tujuan Lahat, tarif yang dikenakan ke penumpang antara Rp50 ribu sampai Rp60 ribu. Namun sejak harga BBM naik, tarif ikut disesuaikan menjadi Rp85 ribu.  “Kemungkinan menjelang lebaran nanti,  tarif akan kembali naik menjadi Rp105 ribu,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster