Dipastikan 29 JCH Batal Berangkat

22 total views, 3 views today

jemaah-haji

Ilst. Kabah

LUBUKLINGGAU,KS-Jemaah Calon Haji (JCH), dari Kota Lubuklinggau yang akan diberangkatkan pada tahun 2013 tercatat hanya 152 orang dari 183 orang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji. Artinya ada 29 orang yang ditundak keberangkatan pada tahun ini.

“183 orang itu sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), namun 29 orang lainnya terpaksa ditunda keberangkatannya hingga tahun berikutnya,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kota Lubuklinggau, H Saidi HZ, kemarin.

Pengurangan tersebut, akibat pengurangan jumlah jamaah haji Indonesia berdasarkan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang memangkas kuota 20 persen untuk JCH 2013. Dan sisanya, 29 orang dipastikan berangkat tahun berikutnya.

“Mereka akan diberangkatkan pada Musim Haji 2014 dan sudah menjadi prioritas, hal itu merupakan kebijakan pemerintah,” katanya seraya mengatakan ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No. 63 tahun 2013 tentang kriteria calon haji yang diberangkatkan dan ditunda.

Sementara itu, seorang calon haji dari Kota Lubuklinggau Ahmad mengatakan bahwa ia sudah menduga bahwa dirinya belum ada peluang berangkat haji tahun ini karena berada pada nomor urut paling akhir.

“Namun semua itu ada hikmah dari Allah dan mungkin saya masih kurang syarat secara batin sehingga penundaan ini bisa menambah bekal keimanan,” katanya dan mengaku bahwa tidak akan menjadi tanah suci sebagai obyek wisata, namun betul-betul untuk beribadah untuk bertaubat kepada Allah dan hal itu sudah menjadi niat sejak lima tahun lalu.

 

Teks : Apriansyah

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com