Voli Pantai Kamu ‘Hawa’ Dipertandingkan

 322 total views,  2 views today

Voli-Pantai-Kaum-'Hawa'-Dipertandingkan

Voly Pantai Kaum “hawa’ Dipertandingkan

PALEMBANG | KS-Ajang olahraga Internasional umat muslim, Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 yang akan dilangsungkan pada 22 September – 1 Oktober 2013 mendatang, mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor) yang di antaranya ialah voli pantai.

Pada cabor yang mengandalkan dua atlet sebagai tumpuan ini rencana awalnya hanya akan mempertandingan ajang khusus untuk kategori adam (putra). Namun dengan berjalannya waktu mendekati event, para peserta yang sebelumnya kurang berminat menyetor atlet di kategori kaum hawa (putri) mulai mengubah persepsi.

Wakil ketua umum V Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Dhenni Zaenal mengatakan ada tujuh dari 25 negara yang rencananya akan mengikuti cabor voli pantai. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat yang dilakukan para anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan perwakilan negara-negara peserta yang nantinya akan mengikuti ISG di Jeddah, Arab Saudi, pada Selasa (23/7) lalu.

“Kita mendapatkan kabar dari panitia pusat bahwa nantinya akan dipertandingkan cabor voli pantai kategori putri. Sebelumnya hanya mengikutikan kategori putra saja,” kata Dhenni Zaenal.

Dia menjelaskan, ke tujuh negara yang nantinya akan mengikuti cabor voli pantai tersebut ialah dari negara-negara Afrika dan Timur Tengah (Asia Barat) serta satu negara Asia Selatan. Aljazair, Libya, Maladewa, Oman, Qatar, Suriah, Iran.

“Kita baru mendapat kepastian tujuh negara. Ini belum termasuk Indonesia, mengingat waktu pelaksanaannya sendiri masih cukup lama kurang lebih satu bulan lagi,” ujarnya.

Disinggung mengenai pakaian yang akan dikenakan, ungkap Dhenni, semua atlet nantinya pasti tidak akan terbuka seperti pada kejuaraan voli pantai beberapa waktu yang lalu. Bisa saja, nantinya mereka (peserta) memakai pakaian seperti baju renang tertutup.

“Pastinya akan ada penyesuaian terhadap norma-norma agama yang ada serta kebudayaan masing-masing. Kan tidak mungkin disaat puasa seperti ini para atlet menunjukkan auratnya secara berlebih,” ungkapnya.

Dementara itu untuk kategori putra sendiri terdapat sepuluh dari 25 negara peserta yang nantinya akan mengikuti cabor voli pantai.

“Untuk nama-nama negara khusus kategori putra kita belum mendapatkan negara yang pasti akan mengikuti cabor ini. Yang jelas negara-negara yang memang sudah menjadi langganan untuk pertandingan voli pantai,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumsel, Rahidin H. Anang mengatakan, khusus cabang olahraga bola voli indoor maupun outdoor nantinya akan menggunakan venue Palembang Sport and Convention Centre (PSCC).

Sementara untuk cabor voli outdoor atau voli pantai tetap akan menggunakan venue voli pantai di komplek Jakabaring Sport City (JSC).

“Untuk pelaksanaan sendiri pada prinsipnya pihaknya sudah siap. Apalagi dalam hal ini Pengprov PBVSI Sumsel hanya karena sekedar memfasilitasi dan penyelenggara saja. Sementara untuk masalah teknis dan lainnya semuanya telah diatur oleh PB PBVSI,” ujarnya.

Rencananya pelaksanaan pertandingan untuk cabor voli sendiri akan dimulai lebih awal yakni pada tanggal 19 Agustus nanti para atlet dari negara-negara peserta sudah mulai berdatangan ke Palembang. Untuk itu, Rahidin berharap agar masyarakat Palembang bisa menyambut tamu-tamu dengan sopan, sehingga nyaman dan aman selama mengikuti pertandingan nanti.

“Saya juga berharap, melalui ISG ini gairah dan motivasi dari para pecinta voli untuk meningkatkan kualitasnya lebih terpacu setelah mereka melihat para atlet dari negara lain bertanding. Memunculan bibit baru atlet berprestasi,” tukasnya.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster