PNS tidak Dapat THR

 145 total views,  2 views today

thr

PALEMBANG, KS-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tahun ini, tidak akan  mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Hal ini dikarenakan, pemkot tidak menyiapkan anggaran untuk THR tersebut karena kebijakannya belum diatur pemerintah pusat.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Palembang, HM Hoyin mengatakan, kebijakan tidak memberikan THR itu bukan hanya diterapkan di pemkot saja tetapi juga oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Hal itu karena, sudah menjadi ketentuan.

“PNS tidak menerima THR, bukan hanya dilingkungan pemkot saja namun sama seperti provinsi. Lagi pula ada ketentuan, yang tidak memperbolehkan memberikan tunjangan itu,” kata Hoyin yang dibincangi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Hoyin, tidak adanya anggaran THR ini berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, tiap PNS mendapatkan THR sebesar Rp250 ribu per orang. Namun pihaknya memastikan,  meskipun pegawai tidak mendapatkan THR para abdi negara ini tetap mendapatkan tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

Besaran yang diterima tiap PNS, berbeda antara satu dengan yang lainnya.  Besaran TPP diberikan, berdasarkan jenjang kepegawaian dan risiko pekerjaan. “Memang seharusnya H-7 Lebaran semuanya mendapatkan THR, tapi khusus untuk PNS ada ketentuan tidak memperbolehkan itu.  PNS tidak mengenal tunjangan, cukup TPP ,”ucapnya.

Sementara itu pengamat kebijakan publik, Unsri Adriyan Saptawan menilai, kebijakan Pemkot Palembang yang tidak menganggarkan THR ke dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak selaras dengan kebijakan lainnya.

Karena secara tertulis, pemerintah daerah mewajibkan pengusaha dalam pemberian THR. “Sama saja tidak adil, pemerintah mewajibkan kepada swasta untuk memberikan THR kepada karyawannya. Sementara pemerintah sendiri, tidak melakukan itu kepada pegawainya,” kritik Ardiyan.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster