ISG Maksimalkan Dana Sponsor

25 total views, 3 views today

isgPALEMBANG,KS-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan memaksimalkan bantuan dana dari pihak ketiga atau dana sponsor pada pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) akhir September mendatang.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, kemarin. Menurutnya, bantuan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), belum mencukupi untuk pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Islam tersebut.

“ISG memang membutuhkan dana cukup besar, dan dana dari APBN terbatas, jadinya kita akan menggarap dana dari pihak ketiga, dana dari sponsor,” kata Alex.

Ia membenarkan selama ini, untuk perawatan Jakabaring Sport City (JSC), yang menjadi pusat pelaksanaan ISG, menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumsel. “Memang sudah dianggarkan untuk maintenance dan perawatan Jakabaring dari dana APBD,” ungkapnya.

Disisi lain, terkait pencairan dana dari APBN, kata Alex, semuanya diserahkan kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Pemprov Sumsel, selaku pihak penyelenggara hanya menerima. “Itu (dana APBN) diurus oleh Kemenpora, kita tinggal terima saja,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi V DPRD Sumsel meminta Pemerintah Pusat agar menambah dana APBN untuk pelaksanaan ISG di Sumsel. Pasalnya, bantuan dana APBN senilai Rp 80 miliar dinilai sangat tidak mencukupi.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel, Anita Noeringhati. “Dengan anggaran Rp 80 miliar yang diperuntukkan untuk Sumsel guna penyelenggaraan Islamic Solidarity Games kita nilai sangat tidak mencukupi,” katanya.

Ia mengaku, permintaan penambahan dana ISG melalui APBN itu, disampaikan ke Kemenpora. Selain permintaan dana tambahan kata Anita, Komisi V juga mendesak agar Keppres ISG dilaksanakan di Sumsel segera turun karena akan dijadikan landasan hukum. “Rencana kebutuhan ISG di Sumsel, kurang lebih Rp 160 miliar, itu pun sudah sangat minim,” kata Anita.

“Namun demikian, terlepas dari itu semua, kita tetap optimis pelaksanaan ISG di Sumsel dapat berjalan sukses dengan dukungan masyarakat Sumsel,”  ungkap politisi Partai Golkar ini.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com