Disdik Sumsel Adakan Pelatihan Untuk Guru

 275 total views,  2 views today

tutuwuroiPALEMBANG | KS-Untuk mengatasi segala sesuatu mengenai pelaksanaan kuriukulum 2013 yang masih jauh dari ekspektasi, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel berencana membuat rancangan untuk mengatasinya. Sudah ada empat tindakan yang akan difokuskan untuk mengatasi permasalahan kurikulum 2013 ini mulai dari pelatihan guru dan buku paket yang kurang.

“Karena tidak ada koordinasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dengan Disdik Sumsel membuat kami berinisiatif melakukan tindakan sendiri,” ujar Kepala Disdik Provinsi Sumsel Drs Widodo MPd, Kamis (25/7).

Hal ini dikarenakan sampai seminggu pelaksanaan kurikulum 2013 masih banyak kekurangan dan keluhan dari sekolah-sekolah yang menerapkannya. Widodo memaparkan bahwa keempat adalah untuk melengkapi kekurangan yang ada seperti pelatihan guru dan buku.

“Saat ini perencanaan tersebut telah mencapai tahap finalisasi dan diharapkan bisa segera dilaksanakan, meskipun tentu saja membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,” tuturnya.

Langkah pertama adalah Pemprov akan melengkapi berbagai kekurangan yang ada baik itu pelatihan maupun buku. Nantinya Pemprov akan menyelenggarakan pelatihan guru dan menambah buku yang dirasa kurang dari Kemendikbud. Selanjutnya Pemprov akan memaksimalkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk menyiapkan guru di luar skema APBN.

“Kita juga akan menyiapkan pelatih pada tingkat Kabupaten/Kota yang nantinya akan bertugas mendampingi dan melatih para guru di tempatnya masing-masing,” ungkapnya.

Pelatihan ini direncanakan akan diadakan pada akhir Juli mendatang. Langkah ketiga adalah dengan menyiapkan buku pendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Buku ini disiapkan bagi sekolah-sekolah di luar skema APBN, sehingga mereka dapat melaksanakan kurikulum tersebut.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster