PPID Pemkab Muba dan Kejari Sekayu Tandatangani Nota Perjanjian Kerjasama

 527 total views,  2 views today

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemkab Musi Banyuasin dan Kejaksaan Negeri Sekayu membuat Nota Perjanjian Kerjasama Bidang Hukum Perdata dan Hukum Tata Usaha Negara. Penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama dilakukan Kabag Humas Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH selaku PPID dan Kepala Kejari Sekayu Jasri Umar SH MH, disaksikan Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari, Senin (22/7) di Auditorium Pemkab Muba.

Penandatangan Nota Perjanjian Kerjasama Bidang Hukum Perdata dan Hukum Tata Usaha Negara antara PPID Pemkab Muba dan Kejari Sekayu juga disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD Kabupaten Muba, Forum Komunikasi Insan Pers dan LSM, PWI, dan Muba Journalist Corps, serta tokoh pemerhati keterbukaan informasi publik.

 

Dicky Meiriando SSTP MH mengatakan, berdasarkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Badan Publik mempunyai kewajiban untuk menyediakan, memberi dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik selain informasi yang dikecualikan. Amanah dari UU tersebut tertuang melalui Peraturan Bupati Musi Banyuasin Nomor 36 Tahun 2012 tentang pembentukan PPID Pemerintah Kabupaten Muba.

Dalam melayani penyediaan informasi publik, PPID telah membentuk pusat layanan informas yang berada di Bagian Humas Setda Kabupaten Musi Banyuasin, dengan layanan call center PPID pada 0714-322536 dan layanan online www.ppid.mubakab.go.id. Secara legalitas, standar prosedur operasional pelayanan PPID Pemkab Muba diundangkan melalui Peraturan Bupati Muba Nomor 21 Tahun 2013.

“Sejak dibukanya Pusat Layanan Informasi publik pada Januari 2013 hingga saat ini, terdapat 53 permohonan informasi publik. Dengan status 45 permohonan sudah terpenuhi, 9 permohonan sedang dalam proses pengumpulan informasi dari SKPD. Dari permohonan informasi tersebut, terdapat 7 pengajuan keberatan kepada Sekda selaku atasan PPID, dengan alasan permintaan informasi tidak ditanggapi SKPD dan tidak puas dengan tanggapan SKPD,” imbuhnya.

Apabila tanggapan PPID dalam proses keberatan tidak memuaskan pemohon informasi publik, maka pemohon dapat melakukan upaya penyelesai sengketa informasi publik kepada komisi informasi. Kemudian Komisi Informasi akan melakukan upaya penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non litigasi. Jika salah satu pihak yang bersengketa menyatakan tidak menerima putusan ajudikasi non litigasi dari Komisi Informasi, maka dapat mengajukan gugatan melalui pengadilan Tata Usaha Negara.

 

Penandatanganan-MoU-antara-PPID-Pemkab-Muba-Dicky-Meiriando,-STTP,-MH-kepada-Kajari-Sekayu-Jasri-Umar,-SH,-MH

Penandatanganan Mou antara PPID Pemkab Muba Dicky Meirindo STTP MH Kepada kejari Sekayu Jasri Umar SH MH

“Kerjasama PPID dengan Kejari Sekayu bertujuan untuk membantu PPID dalam menyelesaikan masalah hukum perdata dan hukum tata usaha negara di dalam maupun luar pengadilan (proses mediasi dan ajudikasi non litigasi pada Komisi Informasi), meliputi bantuan hukum dan pertimbangan hukum,” ujar Dicky.

Kepala Kejari Sekayu Jasri Umar SH MH mengatakan, beban yang diemban PPID sangat berat. Menurutnya, masyarakat telah melek hukum dan ingin mengetahui informasi yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, terbukti dengan banyaknya pengajuan permohonan informasi publik melalui PPID Pemkab Muba.

“Bila pemohon tidak puas maka akan dilanjutkan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara. Melalui MoU ini Kejaksaan Negeri Sekayu dapat melakukan pendampingan pada proses penyelesaian di Pengadilan Tata Usaha Negara,” jelas Kajari.

Penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama antara PPID dan Kejari Sekayu mendapatkan apresiasi positif dari Bupati Muba H Pahri Azhari. Menurutnya, Pemkab Muba mengedepankan tata pemerintahan baik melalui good government and clean governance. Menurutnya, warga negara memiliki hak untuk mengetahui kebijakan publik yang dibuat pemerintah.“Saya himbau kepada seluruh kepala SKPD untuk melaksanakan kewajiban dengan memberikan informasi yang wajib diketahui, informasi berkala, dan informasi serta merta.” Rilis Humas Muba (Naskah : Amiriansah/ Foto : Harry Sanjaya/Erwani)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster