Komisioner KPU Sumsel Tersingkir

 348 total views,  2 views today

kpuPALEMBANG, KS-Dari 167 calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya tim seleksi (timsel) mengerucutkan 20 nama yang masuk tahapan seleksi selanjutnya.

Namun ada kejutan, yang diberikan timsel. Sejumlah komisioner yang masih menjabat, baik di KPU provinsi maupun kabupaten dan kota banyak yang terpental.

Semua komisioner KPU Sumsel saat ini seperti Anisatul Mardiah, Ong Barlian, Kelly Mardiana, dan Chandra Puspa Mirza misalnya, walau pun mereka mengikuti seleksi namun gugur dalam seleksi tahap kedua yakni tertulis, kesehatan, dan psikotes

Begitu juga komisioner KPU Palembang seperti Eftiyani, Abdul Karim Nasution, dan Yudha Mahron juga tak lulus seleksi. Sejumlah komisoner kabupaten dan kota lainnya, juga bernasib sama.

“Selasa malam, kita baru merampungkan hasil seleksi tahap dua sehingga baru bisa menyampaikan 20 nama, untuk ikut seleksi selanjutnya,” kata Sekretaris Timsel, Ardiyan Saptawan dibincangi, Rabu (24/7).

“Dari 20 nama yang masuk tahapan selanjutnya, semua komisioner KPU Sumsel saat ini tidak ada yang lulus. 20 nama yang lulus, adalah yang terbaik dan diyakini mampu menjalankan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara pemilu kedepannya,” sambung Ardiyan.

Ardiyan juga menjelaskan, hasil seleksi itu merupakan kolektif antara tes tahap kedua, tertulis, kesehatan dan psikotes, baik tertulis maupun wawancara. Dalam setiap tes tegasnya, ada standar tim kedokteran dan psikologi mutlak dan perengkingan tertinggi. Barulah digabungkan semua dari angka standar tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskan, nama-nama yang lolos, bersal dari berbagai bidang keilmuan, seperti pengacara, komisoner KPU, mantan panwaslu, wiraswasta dan wartawan. “Tapi semua punya pengalaman pemilu,”tegasnya.

Selanjutnya, mereka akan mengikuti tes wawancara, 29-30 Juli sesuai dengan keputusan KPU Nomor 47/KPPS/KPU/2013. Sebelumnya semua calon komisioner itu, akan dilakukan uji publik pada 27 Juli mendatang dengan tujuan untuk mendapatkan tanggapan masyarakat.

Barulah kemudian ungkap Ardiyan, ke 20 calon komisioner ini akan mengikuti tes wawancara untuk kemudian di kerucutkan menjadi 10 nama yang akan diajukan ke KPU RI.

“10 nama ini, kemudian akan mengikuti fit and profer test di KPU RI. KPU RI lah  kemudian, yang akan memutuskan 5 nama sebagai komisioner KPU Sumsel dan 5 nama cadangan,” tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi

Editor  : Imro Supriyadi

 

20 Besar Calon Komisioner KPU Sumsel

1.   Heni Susanti (PNS, Palembang)

2.   Ahmad Naafi (Wartawan, Muba)

3.   Muhammad Joni (Wiraswasta, Palembang(

4.   Alhannanasir (Dosen, OI)

5.   Junaidi (Swasta, Palembang)

6.   Ruslan (Advokat, Palembang)

7.   Andie Dinaldi (Wiraswasta, Palembang)

8.   Alexander Abdullah (Dosen, Palembang)

9.   Asep Yusriansyah (Wartawan, Palembang)

10. H Rasyid Maratim (Pensiunan BUMN, Palembang)

11. Ahmad Amin (Dosen, Lubuk Linggau)

12. Prahara Andre Kusuma (Wirasta, OKI)

13. Aspahani (Dosen, Palembang)

14. Wawan Irawan (Wiraswata, Prabumulih)

15. Azim Baidillah (PNS, Palembang)

16. Hamdi (Wiraswasta, OKU Timur)

17. Abdul Haris Alamsyah (Wiraswasta, Palembang)

18. Liza Rizuarni (Wiraswasta, Prabumulih)

19. Marfian Ikhasn (Wiraswasta, Palembang)

20. Daud Saher Matayasi (Dosen, Palembang)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster