H-10 Lebaran, Pasokan Elpiji 3 Kg Ditambah

 158 total views,  2 views today

elpiji

Elpiji

PAGARALAM, KS—Upaya mengantisipasi melonjaknya permintaan untuk elpiji 3 kg, pada H-10 menjelang lebaran, beberapa agen gas elpiji 3kg akan menambah pasukannya.

Edi Sofian, agen elpiji di Pasar Dempo Permai, kota Pagaralam mengatakan, biasanya setiap tahun permintaan elpiji 3kg kelang lebaran mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan kebutuhan rumah tangga meningkat.

“Pagaralam direncanakan akan mendapatkan tambahan pasokan 15 persen dari biasanya, melalui  pendistribusian dari SPBE Merapi, Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Jika tidak ada halangan, sambung Edi, diperkirakan mulai H-10 lebaran pasokan itu akan dikirim ke Pagaralam. Melalui tambahan pasokan ini diharapkan masyarakat yang membutuhkan gas elpiji 3kg akan terpenuhi.

Disinggung harga di tingkat pengecer, Edi mengaku belum ada perubahan atau kenaikan dari sebelum puasa ini. “Harganya masih normal dikisaran Rp16ribu -Rp17 ribu pertabung. Tetapi jika ke pengecer dipelosok harganya bervariasi tergantung jarak,” terangnya.

Serupa dikatakan Elvis, seorang pengecer keliling. Ia mengatakan, dari tingkat agen hingga penggecer hanya selisih Rp. 1000 per tabung. Tapi jika jarak tempuhnya sudah ke pelosok seperti daerah Tanjung Sakti, Pajar Bulan Kabupaten Lahat tentu pihaknya mempertimbangkan biaya operasional.

“Saat ini harga elpiji 3 kg ini kita jual Rp 18 ribu per tabung. Mudah-mudahan distribusi sampai lebaran nanti cukup dan harganya tidak mengalami kenaikan,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi UKM (Disperindagkop UKM), Ahmadi Damrah SE melalui Kasi Perlindungan Konsumen, Nasrullah Hanif SE mengatakan,  sejauh ini pihaknya terus memantau peredaran elpiji di Pagaralam.

“Kita akan tinjau langsung, jangan sampai ada kelangkaan,” tegasnya seraya menagatakan pihaknya pun telah menyebar tim guna mengawasi ruang gerak para oknum yang memasok elpiji oplosan.

 

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster