Timsel Tegaskan Tak Ada Intervensi

 287 total views,  2 views today

intervensiPALEMBANG, KS-Tim seleksi (timsel)  calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), menunda pengumuman 20 besar calon komisioner KPU Sumsel, seperti yang di jadwalkan, Selasa (23/7).

Alasannya menurut Ketua Timsel, Dr Febrian disebabkan timsel perlu mencermati hasil berkas seleksi yang sebelumnya dilakukan. “Penundaan pengumuman 20 besar ini, bukan karena ada tekanan politik dari pihak tertentu. Timsel tidak mendapatkan tekanan oleh parpol besar, dalam memutuskan penundaan pengumuman tersebut,” tegas Febrian yang dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (23/7).

Timsel KPU Sumsel sambungnya, menjamin proses seleksi test para calon komisioner dilakukan dengan cermat. Testnya sebutnya, dilakukan oleh orang ahlinya. Hal itu dimaksudkan, agar tidak ada calon yang merasa dirugikan.

Independensi Timsel, lanjutnya, penting dalam menjamin proses demokrasi. Sehingga, sampai 10 besar nanti tidak ada pihak yang merasa telah dicurangi.”Independensi dan kecermatan meneliti hasil setiap test itu juga penting untuk menjamin keadilan bagi setiap calon yang ikut seleksi sebagai anggota KPU Sumsel periode 2013-2018,”ucapnya.

Dijelaskan Febrian, adanya keterlambatan dalam pengumuman 20 besar calon yang lolos tersebut, dikarenakan terdapatnya masalah teknis, karena beberapa hasil test yang telah dilakukan baru diterima mereka.

“Kita baru rapat pleno oleh tim seleksi, dengan menggabungkan atau dengan menggunakan sistim akumulatif semua hasil test yang dilalui. Tapi karena peserta yang ikut banyak 166 peserta, selain itu hasil test psikologi juga baru kita terima kemarin jadi belum kita selesaikan semuanya,”beber Febrian dengan menambahkan pihaknya masih membuka tanggapan masyarakat soal rekam jejak calon selama ini dari masyarakat luas.

Lebih lanjut, Febrian menjanjikan jika tidak ada halangan, pengumuman hasil seleksi calon komisioner akan dipublikasikan tim seleksi, Rabu (24/7). Nama-nama yang lolos 20 besar akan diberitahukan segera, dan kemudian meminta tanggapan masyarakat serta, menjalani test wawancara pada 28 Juli mendatang.

“Tanggal 28 Juli nanti kita akan test wawancara selama 2 hari, tahapan ini nantinya akan memperkecil jumlah calon menjadi 10 besar, dimana nama-namanya kemudian akan direkomendasikan ke KPU pusat, untuk dipilih 5 orang anggota komisioner periode 2013-2018,” terangnya.

Febrian menerangkan, seleksi yang sudah dijalani 166 calon komisioner KPU Sumsel tersebut, mencakup tes psikotes tertulis, tes kesehatan, dan tes psikologi. “Semua seleksi sudah selesai dengan baik, dan nanti akan disesuaikan dengan sesuai hasil standarnya, oleh masing-masing penguji,”tukasnya.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster