THR Wajib Dibayar H-7 Lebaran

 284 total views,  2 views today

HL--THR

PALEMBANG KS-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel meminta perusahaan untuk segera membayarkan kewajibannya yakni tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan minimal seminggu sebelum lebaran (H-7).

Rizal Fathoni, Kepala Disnakertrans Sumsel menyampaikan, dalam surat edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan diperkuat surat keputusan (SK) Gubernur Sumsel ditegaskan bahwa pihak perusahaan harus melunasi kewajiban melunasi THR karyawannya setidaknya paling lambat seminggu sebelum lebaran.

Sedangkan jumlah THR yang diberikan, harus disesuaikan dengan gaji dan masa kerja masing-masing karyawan. Secara hitung-hitungan, dimulai dari karyawan yang sudah bekerja satu tahun dan bagi yang belum mencapai satu tahun dan tiga bulan berturut-turut, dibagi 12 kali besaran gajinya.

“Ini sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan untuk menunaikan kewajibannya membayar THR sesuai masa kerja dan dibayarkan H-7 sebelum lebaran,” ujarnya kepada wartawan saat diwawancarai di Griya Agung, Selasa (23/7).

Terhadap karyawan yang lalai dan tidak membayar THR, sesuai dengan ketentuan, kata dia, akan diberikan sanksi tegas. Meski demikian, pihaknya yakin tidak akan ada perusahaan di Sumsel yang tidak mau memenuhi kewajibannya. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dipastikan tidak ada perusahaan yang melanggar.

“Saya yakin mereka akan mematuhi dan tidak mau mencari masalah atau susah-susah hanya karena tidak bayar THR. Kalaupun ada, kita akan memberikan sanksi jika ada perusahaan yang lalai karena THR itu merupakan kewajiban bagi perusahaan untuk membayarkannya,” tegasnya.

Dia berkata, selain mendesak perusahaan melunasi THR sesuai ketentuan, pihaknya juga mengimbau perusahaan menyediakan fasilitas mudik bersama menjelang Idul Fitri 1434 Hijirah mendatang.

“Memang ini bukan kewajiban, tapi alangkah baiknya jika perusahaan pun memberikan fasilitas mudik bersama khusus untuk karyawannya,” imbaunya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menambahkan, THR merupakan kewajiban setiap perusahaan kepada karyawannya setiap tahunnya yang diberikan H-7 lebaran. Sebab, dengan adanya THR tersebut diharapkan bisa menutupi kebutuhan yang diperlukan bagi karyawan yang bersangkutan. Oleh karena itu, perusahaan harus menjalankannya sesuai ketentuan.

“Ini kewajiban perusahaan untuk memberikan THR terhadap para karyawan masing-masing minimal di H-7, sebab kalau lewat kasihan karyawan tidak bisa belanja,” ungkap Gubernur.

TEKS:WARDOYO

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster