Saatnya Pemprov dan Pemkot Bersatu

 203 total views,  2 views today

Foto-lepas

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Palembang oleh Gubernur Sumatera Selatan

PALEMBANG, KS-Pelantikan Romi Herton dan Harnojoyo sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin di Gedung DPRD Palembang, Minggu (21/7) diharapkan mampu membawa secercah harapan yang lebih baik terutama dalam hal hubungan koordinasi pemerintahan yakni keharmonisan antara Pemerintah Kota (pemkot) Palembang dengan Pemprov Sumsel.

“Masyarakat Palembang, sudah sangat rindu adanya keharmonisan dan hubungan yang sinergis dalam pembangunan dan pemerintahan antara pemkot dan pemprov Sumsel,” kata Alfitri yang dibincangi, Senin (22/7).

Ia menyebut, selama kepemimpinan Eddy Santana Putra tidak bisa dipungkiri terjadi hubungan yang kurang harmonis antara pemkot dan pemprov. Hal ini, dapat dilihat dari perang program, saling klaim program dan jarang koordinasinya antara wali kota dengan gubernur. “Padahal Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel, sejatinya tidak bisa dipisahkan. Karena berada ditempat yang sama yakni Kota Palembang, “ujarnya.

Ketidak harmonisan di era kepemimpinan Eddy Santana Putra itu kata Alfitri salah satu contohnya, pada program sekolah dan berobat gratis. Dalam program itu, dana sharing dari pemkot yang timpang padahal pengguna program tersebut terbesar ada di Palembang. “Seharusnya saling mengisi, sehingga rakyat diuntungkan jika ada harmonisan,” imbuhnya.

Menurutnya, kedepan dibawah kepemimpinan Romi – Harno, pemkot diharapkan ada hubungan yang sinergis dengan pemprov. Apalagi sebut Alfitri, banyak program pemprov yang bersentuhan langsung dengan Kota Palembang.

Sebelumnya,  Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyebut, menaruh harapan besar kepada Palembang, untuk menjadi kota yang terdepan dari berbagai bidang. Untuk itu, Alex berharap hubungan antara pemkot dan Pemerintah Provinsi (pemprov) harus terjadi harmonisasi.

“Selama ini hubungan pemprov dan pemkot sudah baik. Saya berharap kedepannya, hubungan yang telah baik ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi,” kata Alex.

Alex menyebut, Wali Kota Palembang akan mempunyai  peran sentral pada sejumlah kegiatan yang dilakukan pemprov seperti Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan digelar September mendatang.

Alex yakin, bila terpilih kembali menjadi Gubernur Sumsel, dia akan dapat menjalin koordinasi yang baik dengan Pemkot Palembang. “Bentuk koordinasinya sama seperti yang lain. Insya Allah kita bisa berkoordinasi, karena kita sama-sama sudah kenal,” ujar Alex.

Teks    : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster