Koperasi Berbasis Syariah Terus Berkembang

 208 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Dinas Koperasi dan UKM dorong berkembangnya koperasi berbasis syariah karena relevan dengan sistem adat dan budaya masyarakat Sumatera Selatan.

“Koperasi berbasis syariah sangat cocok diterapkan di Sumsel , maka pertumbuhannya perlu terus didorong namun yang persihnya saya kurang hafal yang syariah tapi ada 5.000 unit koperasi  yang tersebar di kabupaten/kota,” kata Abddul Subur, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel kemarin ( 22/7).

Jumlah koperasi syariah dan kompensional di Sumbar tercatat 5.000 yang bergerak di berbagai usaha, mulai dari simpan pinjam, jasa hingga ke ritel.

Dari jumlah itu, kata dia,  sekitar 90 persen yang aktif menjalankan usaha, rapat akhir tahun (RAT) dan pengelolaan manajemnya sesuai ketentuan.

Justru itu, ke depan didorong setiap Kabupaten/kota  yang ada di wilayah SumSel mendirikan koperasi berbasis atau menerapkan sistem syariah.

Sebab sekarang, dari di kabupaten baru sedikit  yang telah memiliki koperasi berbasis syariah.

“Kami memang tidak menargetkan, tapi diharapkan instansi terkait di kabupaten/kota terus mendorong setiap tahunnya tumbuh koperasi syariah,tapi scara umum kopaerasi sudah syariah” ujarnya.

Menurut dia, jika akadnya sekarang belum syariah alangkah baiknya diganti, karena jauh lebih halal dan tak akan merugikan. Tujuannya supaya tidak bercampur antara yang halal dengan haram, karena “ijab kabul” yang sedikit tersebut yang membedakannya.

“Saya berharap ini dapat ditindak lanjuti pada masa mendatang,” ujarnya

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster