“Koparasi Online’ Modernisasi Koperasi

 177 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Dengan adaya program Koperasi “online” kerja sama Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Selatan dan Telkom Wilayah setempat berhasil mendorong pertumbuhan usaha di daerah  Sumatera Selatan.

Sejak tahun 2010 Dinas Koperasi dan UKM Sumsel telah bekerja sama dengan Telkom Wilayah Sumatera Selatan untuk mengoptimalkan koperasi “online”. Demikian dikatakan Abdul Shobur, Kepala Dinas Koperasi dan UKM di Palembang, kemarin ( 22/7).

Menurut dia, program koperasi “online” tersebut menjadi langkah tepat mengikuti modernisasi yang kini mencakup semua lini.

Koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) juga didorong untuk piawai dalam memanfaatkan peluang dunia maya atau online.

Ia mengatakan, sampai semester pertama 2013 sebanyak 5.000 unit koperasi beroperasi di Sumatera Selatan.

Sebanyak 25 persen dari ribuan unit koperasi itu terlibat pada program koperasi “online”.

Sementara Kepala Kanwil PT Telkom Sumsel, Indrawan Dita Pradana menjelaskan, program koperasi “online” merupakan salah satu upaya pihaknya bekerja sama dengan dinas terkait memfasilitasi pemasaran dengan mempromosikan berbagai produk yang dihasilkan koperasi.

Koperasi “online” bersifat sebagai fasilitator untuk mengembangkan pasar produk bukan hanya dalam negeri, tetapi juga manca negara.

Dia menambahkan, program itu juga menjadi salah satu upaya mendorong sistem komputerisasi pada setiap usaha koperasi dan usaha mikro kecil menengah.

koperasi “online” juga berperan sebagai toko dengan menawarkan berbagai barang produksi koperasi.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster