612 Calon USM tidak Lakukan Registrasi

 233 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Banyaknya peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri) yang lolos namun tidak melakukan registrasi ulang. Membuat masih banyak kursi kosong yang tersedia untuk masuk ke Unsri dialihkan ke jalur Ujian Saringan Masuk (USM). Jika dijumlahkan peserta yang lolos namun tidak registrasi ulang mencapai 612 peserta.

“Hal tersebut kebanyakan terjadi karena kebanyakan dari peserta tersebut tidak memilih jurusan sesuai keinginannya. Seperti peserta SNMPTN yang direkomendasikan sekolahnya, namun tidak berkomunikasi dengan peserta tersebut, sehingga sekolah memilih berdasarkan pilihannya dan bukan pilihan peserta,” ujar  Pembantu Rektor (PR) I Dr Ir H Anis Saggaf MSCE, Senin (22/7).

Lanjut Anis, adalah peserta bidik misi dari Lampung yang menolak untuk kuliah di Unsri karena bukan pilihannya. Ia lebih memilih Universitas Lampung (Unila), padahal telah lolos di Unsri. Diharapkan ke depannya pihak sekolah dapat mengkomunikasikan keinginan siswanya sehingga sesuai dengan pilihannya dan tidak hanya dari pihak sekolah saja. Hal ini tentunya membuat kuota jalur USM yang tadinya 20 persen menjadi sekitar 25-30 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru Unsri tahun 2013.

Selain itu Fakultas MIPA juga akan ditambahkan pada USM ini dengan menerima sekitar 300 orang. Nantinya dalam fakultas ini akan terdiri dari lima Program Studi (Prodi) yakni MIPA Fisika, MIPA matematika, MIPA kimia, MIPA biologi dan MIPA kelautan. Ditambahkannya fakultas ini adalah untuk meningkatkan  Angka Partisipasi Kasar (APK) dan fakultas ini hanya menerima lulusan dari IPA saja.

“Untuk USM Mipa ini akan dibuka pendaftarannya dari tanggal 16 Juli hingga 23 Juli mendatang. Sementara itu untuk ujiannya akan dilakukan pada tanggal 25 Juli, bersamaan dengan ujian Diploma,” tambahnya.

Penambahan kuota untuk MIPA ini sendiri, lanjut Anis, sebanyak 300 mahasiswa yang dibagi 60 pada masing-masing prodi. Selain penambahan Kuota pada fakultas Mipa, kekurangan kuota juga terjadi pada fakuktas pertanian yakni prodi budi daya perairan, teknologi hasil perikanan, dan peternakan. Tahun ini jalur USM, menerima sebanyak 2.061 peserta, mereka berhasil lulus dari  5.994 peserta yang mengikuti tes. Nantinya peserta yang telah lulus diharuskan untuk melakukan registrasi ulang pada 23-25 Juli yang dipusatkan di kampus Unsri Indralaya.

“Peserta bisa melihat informasi kelulusan USM melalui situs Unsri yakni Unsri.ac.id. Nantinya peserta yang lulus harus mencetak registrasi yang dilakukan secara online dan meyerahkannya di kampus Unsri Inderalaya,” tukasnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster