Waspadai, Panti Asuhan Fiktif

19 total views, 3 views today

PALEMBANG, KS-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang mensinyalir, banyak panti asuhan fiktif yang berharap dari kedermawanan warga saat bulan Ramadhan. Karenanya, warga diminta Dinsos untuk waspada.

Jika menemukan tempat panti asuhan abal-abal tersebut, Kepala Dinsos Kota Palembang, Herty Mochtar mengimbau warga untuk segera melaporkannya ke Dinsos.

“Pengalaman kita, biasanya di bulan Ramadhan banyak ditemukan panti asuhan yang tidak memiliki izin atau panti asuhan fiktif. Warga kita diminta waspada,” imbau Herty

“Ini sangat merugikan, jadi kita bersama-sama memantau kondisi lapangan agar jangan sampai ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini ,” katanya, saat dibincangi usai menghadiri pelantikkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang periode 2013 – 2018. Minggu (21/7).

Ia menyebut, berdasarkan data yang dimiliki Dinsos Palembang, saat ini tercatat ada 78 panti asuhan resmi. “Maksudnya itu ada izinnya, dari jumlah 78 panti asuhan tersebut baru separuh yang melakukan perpanjangan. Yang lainnya belum, tapi yang pasti mereka masih tercatat,” bebernya.

Ia menyebut, setiap panti wajib mendapatkan surat tanda terdaftar (STT). Untuk mendapatkannya, bukan perkara yang mudah.  Karena banyak hal, yang harus dipenuhi misalnya, harus melengkapi administrasi panti asuhan berdasarkan ketentuan yang sudah ada. “Yang kedua, kelengkapan administrasi anak di dalam panti asuhan itu sendiri. Dan yang terakhir adalah sarana dan prasarananya, harus menunjang,” ucapnya.

Tiga syarat ini tegas Herty, wajib dipenuhi oleh pengelola panti baik pengelola panti asuhan yang lama maupun yang baru. “Tidak mungkin anak-anak itu nantinya tinggal di kandang kambing atau tempat yang tidak layak, maka dari itu sarana dan prasarana harus sesuai. Ketiga syarat tersebut, menjadi tolak ukurnya,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com