Wamen ESDM Resmikan Kota GAS Prabumulih

43 total views, 3 views today

Penekanan-tombol-sirene-pemakaian-gas-secara-simbolis-sudah-siap-dipakai

Penekanan tombol sirine Pamakaian gas secara simbolis sudah siap dipakai

PRABUMULIH KS-Pelaksanaan konversi minyak tanah ke pemakaian gas benar-benar dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh pemerintah.

Ini terbukti dengan akan dioperasikannya pemakaian gas rumah tangga di bebarapa kelurahan di Kota Prabumulih. Dengan adanya penggunaan dan pemakaian gas yang disalurkan kerumah-rumah tersebut, ini akan berdampak dengan penggunaan minyak tanah yang selama ini dikonsumsi oleh rumah tangga.

Wakil Menteri ESDM Siswono Siswo Utomo didampingi Dirjen Migas Edi Hermantoro, Gubernur Sumatara Selatan Ir  Alex Noerdin, Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya, MM, Wakil Walikota Prabumulih serta Direktur Utama Pertamina, meresmikan sambungan penggunaan bahan bakar gas di Kota Prabumulih yang bertempat dilapangan Pujasuma Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara, Sabtu (20/7).

Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yahya, MM, dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya penggunaan bahan bakar gas yang sudah terpasang ke rumah warga, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM.

“Kami berharap kepada Wakil Meteri ESDM agar dapat menambah kuota yang akan dipasang di Kota Prabumulih,” kata Ridho.

Lanjut walikota, selain itu pihaknya juga berharap kepada Pertamina untuk berpartisipasi dalam memperbaiki jalan yang sering dilewati oleh masyarakat juga kendaraan operasional Pertamina.

“Ya, kami berharap Pertamina dapat mewujudkan keinginan masyarakat Prabumulih agar Pertamina membangun jalan aspal atau di cor pada jalan yang sering dilewati kendaraan Pertamina,” harapnya.

Harapan yang sama juga dikemukakan Gubernur Sumatera Selatan Ir. Alex Noerdin. Menurutnya, pihak Pertamina diharapkan bisa membangun jalan seluruhnya yang bisa dilalui oleh kendaraan operasional Pertamina.

“Sebenarnya kalau patungan tidak perlu. Kami minta adalah agar Pertamina men cor atau membangun seluruhnya,” ujar gubernur,

Edi Hermantoro, Dirjen Migas menyebutkan, peresmian penggunaan gas rumah tangga dengan implementasi kebijakan program diversifikasi energy dalam pengurangan subsidi BBM yang memang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM mulai tahun 2008.

“Penggunaan gas rumah tangga ini dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. Adapun daerah-daerah dibangun pemasangan gas rumah tangga adalah yang mempunyai sumber gas bumi atau yang dekat dengan pipa gas bumi,  sesuai dengan ritme pembangunan dimana telah dipasang pengaliran gas kerumah tangga adalah sebanyak 57.000 sambungan rumah tangga yakni di Surabaya, Sidoarjo, Palembang, Prabumulih, Depok, Tarakan, Jambi, Bogor, Cirebon, Singkang, Bekasi, Rumah Susun dan  Jabodetabek,” ucapnya.

Wakil Menteri ESDM Siswono Siswo Utomo mengatakan peresmian 4.650 sambungan gas rumah tangga, sebagai bentuk respon dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM.

“Jadi apa yang diharapkan oleh Gubernur ataupun Walikota Prabumulih agar dapat dibantu sesuai sudah dilaksanakan,” kata Wamen ESDM ini.

Selesai memberikan sambutan, Wamen ESDM Siswono Siswo Utomo, Dirjen Migas Edi Hermantoro, Gubernur Sumatera Selatan Ir. Alex Nurdin serta Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yayha, MM secara simbolis membunyikan sirene sebagai pertanda telah dimulainya pemakaian gas rumah tangga di Kota Prabumulih.

Selainjutnya, secara simbolis menekan kompor gas yang memang sesuai dengan peresmian penggunaan gas rumah tangga di Kota Prabumulih. ( ADV )





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com