Tensi Panas ‘Derby Andalas’

 99 total views,  11 views today

HL--PSPS-vs-SFC

SFC vs PSPS

PEKANBARU | KS-Takkan pernah adil rasanya jika memprediksi hasil akhir pertarungan antara PSPS Pekanbaru melawan Sriwijaya FC (SFC) dinilai dari segi kualitas. Musim ini saja, kekuatan kedua tim terlihat jomplang dapat diibaratkan bak bumi dan langit.

Bukti sahih, dilihat pada tabel klasemen sementara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013 yang tak bisa menutup mata. PSPS berada didasar klasemen dengan torehan 17 poin, jauh tertinggal dengan selisih 36 poin dari rival sesama tim asal Sumatera diurutan keempat.

Ini belum mengacu dari segi prestasi yang lebih mentereng dan stabilitas performa di pentas kompetisi Indonesia Super League (ISL), mayoritas pasti sepakat tak meragukan SFC yang lebih diunggulkan pada pertemuan kedua tim musim ini, Senin (22/7) malam ini, pukul 21.00 WIB (live tvOne).

Meski pada laga bertajuk “Debry Andalas” ini PSPS kehormatan mentas di kandang, Stadion Rumbai, Pekanbaru, tetap tak membuat PSPS diunggulkan. Sekalipun faktanya klub berjuluk Laskar Wong Kito tengah terpuruk dengan menelan kekalahan memalukan 0-4 dari Persepam Madura United (P-MU) di kandang pada laga terakhir ISL 2012/2013, Senin (15/7) lalu.

Mengingat pencapaian klub berjuluk Asykar Betuah jauh lebih buruk. Dari sepuluh laga terakhir yang dilakoni, PSPS hanya mampu memenangkan satu laga di antaranya yakni ketika unggul tipis 1-0 atas Persiwa (4/6).

Selebihnya, M. Isnaini Cs tak pernah sekalipun merasakan manisnya kemenangan, bahkan hanya dengan hasil seri pun tak mampu. Lebih parah lagi kekalahan PSPS selalu atas keunggulan telak lawan.

Dengan kekalahan paling telak selama ISL bergulir musim ini, 1-9 dari Persela (12/6). Demikian juga di laga terakhir, PSPS juga tak berdaya menghadapi permainan agresif Arema Cronous, dihajar telak skor meyakinkan tim lawan 1-7 (4/7).

Atas fakta ini, tak pelak membuat SFC patut optimis. Dapat menjadikan PSPS sebagai tumbal demi meraih hasil manis di sisa laga kompetisi musim ini hingga memenuhi target sebagai runner up. Meskipun mengenai kenyataan ini pelatih SFC, Kas Hartadi sedikit tak sepakat.

Menurut pelatih asal Solo tak ada alasan bagi anak asuhnya untuk menegakkan kepala, jemawa sebelum pertandingan berlangsung. Belajar dari beberapa pertandingan terakhir membuktikan kualitas di atas kertas tak bisa jadi acuan.

“Boleh saja banyak pihak yang mengunggulkan SFC. Tapi bukan berarti kita harus jemawa dapat dengan mudah memenangkan pertandingan. Kita pantang menganggap remeh dan hasil dipertandingan di laga terakhir telah menggambarkan tak ada yang pasti di sepakbola,” ungkap pelatih kelahiran Solo, 6 Desember 1970.

Berdasarkan head to head, Kas memang patut mengingatkan Tantan Cs agar tetap menginjakkan kaki di bumi. Meski dari lima pertemuan terakhir peraih tiga trofi Piala Indonesia tercatat hanya sekali takluk atas klub berkostum biru, tiga menang dan satu imbang, SFC tetap harus ingat jika mereka tak pernah mudah menundukkan PSPS.

Sebab, dari tiga kemenangan yang diraih itu, tak pernah sekalipun SFC unggul dengan margin lebih dari satu gol. Dipertemuan pertama kedua tim musim ini pun SFC tak sanggup meraih kemenangan. Bermain seri tanpa menghasilkan gol.

Terakhir kali SFC unggul dengan margin lebih dari satu gol atas PSPS yakni pada (31/08/05) saat kompetisi kasta tertinggi masih berstatus Divisi Utama. Ketika itu, SFC yang bertanding di depan pendukung sendiri di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, unggul telak, 4-1.

Ini menunjukkan, ketika kedua tim bertemu ada sebuah spirit lebih, terutama bagi PSPS yang ingin membuktikan diri tak kalah dari saudara muda satu pulau. Tak anyal sebuah sajian dengan tensi panas tak pernah terelakkan.

“PSPS kita tahu memang tengah terpuruk. Tapi perlu dicatat mereka selalu menggebu ketika menghadapi SFC. Anda bisa lihat faktanya dari head to head kedua tim yang ketat,” ujar ayah King Eric Cantona.

Selain hal tersebut, satu peer lain yang tak kalah penting yakni mengenai motivasi. Untuk yang satu ini, Kas mempunyai sebuah jawaban yang dapat membuat para pendukung tak lagi harap-harap cemas tim kesayangannya melakukan sebuah blunder kemenangan.

Kas menjamin mental anak asuhnya telah bangkit dan siap memberikan kemenangan. Dari semangat juang tinggi, menunjukkan penampilan memukau layaknya saat unggul 3-1 atas Arema 3-1 (23/6). Kemenangan terakhir yang diraih SFC.

“Saya harap motivasi seperti di laga itu akan menghinggapi anak-anak saat melawan PSPS nanti. Tampil dengan motivasi dan mobilitas tinggi,” terang entrenador berjuluk Kijang asal Solo.

Seperti yang diutarakan Kas, pelatih PSPS, Mundari Karya juga tak menatap laga ini dengan keperyaan diri yang terlalu tinggi. Baginya, PSPS yang telah membutuhkan poin harus tetap berfikir realistis mengingat reputasi tim lawan.

“Kita hanya coba memanfaatkan kondisi psikis pemain lawan (SFC-red) yang pastinya sedikit kendur akibat hasil minor di laga terakhir. Dengan ketentuan para pemain tak boleh terlampau tinggi dihinggapi kepercayaan diri,” katanya.
Prakiraan Line up

Sriwijaya FC (4-2-3-1): 33. Rivky Mokodompit; 23. Fandy Mochtar, 35. Lee Dong-Won, 28. Abdul Rahman, 24. Mahyadi Panggabean (c); 11. Dodok Anang Zuanto, 13. Ahmad Jufrianto; 40. Boakay Eddie Foday, 50. Erick Weeks Lewis, 10. Tantan; 99. Herman Dzumafo Epandi

Pelatih: Kas Hartadi

PSPS (4-4-2): 1. Fance Haryanto; 14. Gusfiren Efendi, 5. Bobby Satria, 6. Lamine Keita, 30. Novi Hendrawan; 3. April Hadi, 10. Camara Namory, 13. Trias Budi, 7. Su Hyong Lee; 9. Jibby Wuwungan, 12. M. Isnaini (c)

Pelatih: Mundari Karya
Head to Head

ISL (06/02/13) Sriwijaya FC 0-0 PSPS
ISL (28/06/12) PSPS 1-0 Sriwijaya FC
ISL (11/12/11) Sriwijaya FC 2-1 PSPS
ISL (01/06/11) Sriwijaya FC 2-1 PSPS
ISL (30/10/10) PSPS 0-1 Sriwijaya FC
Lima Pertandingan Terakhir PSPS

ISL (04/07/13) Arema 7-1 PSPS
ISL (29/06/13) Gresik U. 5-1 PSPS
ISL (25/06/13) PSPS 0-4 Persib
ISL (22/06/13) PSPS 0-5 Persita
ISL (16/06/13) Persepam 3-0 PSPS
Lima Pertandingan Terakhir Sriwijaya FC

ISL (15/07/13) Sriwijaya FC 0-4 Persepam
ISL (11/07/13) Sriwijaya FC 2-2 Persela
ISL (29/06/13) PBR 2-2 Sriwijaya FC
ISL (23/06/13) Sriwijaya FC 3-1 Arema
ISL (19/06/13) Sriwijaya FC 2-1 Gresik U.
TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster