Targetkan DOB Gelumbang Terbentuk 2014

 271 total views,  2 views today

bodMUARAENIM I KS-Para perwakilan Pembentukan Presidium Kabupaten Gelumbang (PPKG), terus mendesak percepatan pembentukan Kabupaten Gelumbang. Bahkan, mereka menargetkan pada 2014 Daerah Otonomi Baru (DOB) ini, telah terbentuk.

Ketua PPKG Roni Kodim mengatakan, terkait hal ini PPKG telah mengajukan proposal ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaraenim. Dalam proposal tersebut, pihaknya telah menjabarkan beberapa poin penting. Seperti peta wilayah, jumlah desa, jumlah penduduk serta data terkait  Penghasilan Asli Daerah (PAD).

“Beberapa waktu lalu, kami telah mempertanyakan perkembangan dari pengajuan proposal yang kami ajukan ke pihak DPRD dan Bupati Muaraenim.  Dalam hal ini, kami juga meminta agar pembentukan Kabupaten Gelumbang telah dapat terealisasi pada 2014.  Jika tidak warga siap melakukan pemblokiran jalan,” tutur Roni kepada para wartawan termasuk Kabar Sumatera, kemarin (21/7).

Menurut Roni, rencana pembentukan Kabupaten Gelumbang yang ingin memisahkan diri dari Kabupaten Muaraenim sebenarnya sudah lama diwacanakan masyarakat. Tujuannya, agar wilayah Gelumbang dan sekitarnya lebih cepat maju dan berkembang.

Dalam hal ini, kata dia, ada beberapa alasan masyarakat ingin membentuk kabupaten Gelumbang. Diantaranya, jarak wilayah zona V (Lembak, Gelumbang, Belide Darat, Sungai Rotan, Kelekar dan Muara Belide) yang jauh dari kota Muaraenim. Yakni sekitar 120 Kilometer. Sehingga, dari Gelumbang ke Muaraenim membutuhkan waktu sekurangnya tiga jam. Begitupun sebaliknya.

Akibtanya, terang Roni, masyarakat setempat kesulitan dalam mengurus administrasi pemerintahan. Selain itu, wilayah zona V juga telah memenuhi syarat jika ingin di bentuk DOB. Sebab, sudah memiliki enak Kecamatan. Kemudian, jumlah penduduk sudah lebih dari 250 ribu jiwa, serta sejumlah peryaratan lain.

“Merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 32/2004 tentang pemerintahan, maka pembentukan DOB Kabupaten Gelumbang tentunya telah memenuhi persyaratan,” tegas Roni.

Roni melanjutkan, untuk potensi kekayaan alam dirinya menyakini Kabupaten Gelumbang akan cepat maju dan berkembang. Sebab memiliki sumber daya alam yang cukup banyak. Seperti minyak di Kecamatan Lembak, di Sialingan Kecamatan Belide Darat, potensi gas di Kecamatan Sungai Rotan serta  perkebunan karet dan sawit.

“Wilayah Kabupaten Gelumbang juga sangat strategis. Yakni diapit dua kabupaten Kota yakni Ogan Ilir (OI) dan Prabumulih,” papar Roni.

Terkait rencana pembentukan DOB Gelumbang, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Muaraenim Jonedi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi keinginan warga yang tergabung dalam PPKG untuk membentuk Kabupaten Gelumbang.

“Dijadwalkan, setelah lebaran pihak eksekutif dan legislative akan berkoordinasi untuk pengesahan persetujuan pembentukan Kabupaten Gelumbang ini,” terang dia.

 

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster