Ruas Jalan Provinsi Rusak Parah

 55 total views,  3 views today

jalan-rusak

Ilst. Jalan Rusak | Foto : Bagus KS

PAGARALAM, KS—Kondisi jalan Lintas Provinsi Sumatera Selatan, yang berada di wilayah Kota Pagaralam sebagian besar telah mengalami kerusakan cukup parah. Selain berlubang, banyak pula badan jalan yang ada amblas, apalagi saat ini curah hujan masih tinggi.

Pantauan Kabar Sunatera dilapangan, Minggu (21/7), jalan yang mengalami kerusakan parah tersebut, terlihat di badan ruas jalan provinsi di Pagaralam itu yang dipenuhi lubang cukup dalam.

Sebagian badan jalan, pada beberapa tempat masih dialiri dan digenangi air berasal dari drainase yang tersumbat sampah, kendati ada pula yang memang belum dibangun saluran air yang permanen di sekitarnya.

Adanya kerusakan Jalan seperti itu berada diantaranya,  di wilayah Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, hingga Kelurahan Selibar Kecamatan Pagaralam Utara.

Rusdi (29), warga Sukajadi, Kecamatan Dempo Tengah mengatakan, kondisi jalan provinsi  sepanjang jalan Pagaralam-Jarai selama ini tergolong kurang terawat dan banyak lobang yang menganga cukup dalam sehingga cukup membahayakan pengendara.

“Beberapa saluran air di sini, telah pula dipenuhi sampah yang diperkirakan lama tidak dibersihkan,” kata Rusdi.

Hal serupa dikatakan Ramlan, warga Tinggiari, Kelurahan tumbak Ulas, Kecamatan Pagaralam Selatan. Menurutnya, akibatnya sering di guyur hujan deras, saluran yang berfungsi untuk mengalirkan air tersebut penuh hingga meluap dan mengalir ke badan jalan di sekitarnya.

“Wajar saja, badan jalan yang dialiri air tersebut, menjadi cepat rusak dan banyak berlubang. Jika hal ini tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah,” terangnya.

Ia menambahkan, aspal jalan itu menjadi terkikis, dan batu penambal jalan juga banyak yang tergerus air, mengakibatkan kerusakan kian bertambah parah.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pagaralam, Ir Drs Sunarto Rohim melalui Kabid Bina Marga Tedy Justianto ST MTP mengungkapkan, pada tahun 2013 ini pihaknya telah menganggarkan untuk perbaikan jalan dan jembatan di dalam Kota Pagaralam termasuk saluran drainase sekitar jalan tersebut.

“Penggunaan dana tersebut untuk pembiayaan perawatan di luar jalan provinsi  seperti ruas jalan Pagaralam-Tanjungsakti dan Lahat, Pendopo Lintang, Kabupaten Empatlawang yang menjadi tanggungjawab Pemprov Sumsel, jalan provinsi di Pagaralam merupakan tanggungjawab Pemprov Sumsel untuk melakukan perbaikan, tetapi jika kerusakan jalan karena bencana alam untuk sementara dapat ditanggulangi melalui APBD Kota Pagaralam,” ujarnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com