Romi : 3 PR Harus Diselesaikan

 238 total views,  2 views today

Foto-lepas

Pelantikan Romi Herton dan Harnojoyo sebagai Wako & Wawako Palembang | Bagus KS

PALEMBANG, KS-Setelah sepuluh tahun kepemimpin Eddy Santana Putra, Minggu (21/7), akhirnya masyarakat Kota Palembang memiliki pemimpin baru. Pasangan Romi Herton-Harnojoyo,  kemarin di DPRD Kota Palembang resmi dilantik sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Palembang periode 2013-2018 oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

Namun pasangan ini, tak bisa berleha-leha. Pasalnya, pekerjaan rumah sudah menunggu. Hal ini juga diakui oleh Romi. Walau terlihat letih, namun Ketua DPD PDI Perjuangan Kota Palembang ini terlihat sumringah.

Pria yang memiliki kumis tebal ini menyebut, setidaknya ada tiga pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikannya bersama pasangannya, Harnojoyo terutama persoalan kebersihan. “Sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG), kita harus segera berbenah,” kata Romi yang dibincangi usai pelantikan.

“Sedikitnya ada 47 titik sampah, yang harus segera diselesaikan dalam waktu dua bulan, sebelum penyelenggaraan ISG pada September mendatang. Nantinya semua dinas, harus ambil bagian meningkatkan kebersihan Kota Palembang,”sambungnya.

Selain itu, ia berjanji akan mengubah wajah Kota Palembang terutama pada malam hari dalam waktu dua bulan kedepan. Wajah kota tua ini, pada malam hari akan seperti di Orchard Road, Singapura. Pekerjaan rumah terakhir, yang harus dituntaskan adalah membenahi struktur organisasi pemerintahan di Pemerintah Kota (pemkot) Palembang.  “Ada 83 pejabat dilingkungan pemkot, yang mengundurkan diri. Jabatan yang kosong itu, harus segera diisi,” ucapnya.

Ia mengaku, akan merangkul semua pihak untuk memajukan Kota Palembang lebih baik lagi. “Dalam kepemimpinan saya kedepan, saya masih akan menggunakan tenaga-tenaga yang lama, dan semuanya akan saya rangkul menjadi satu,”janjinya.

Harmonisasi Pemprov-Pemkot

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyebut, menaruh harapan besar kepada Palembang, untuk menjadi kota yang terdepan dari berbagai bidang. Untuk itu, Alex berharap hubungan antara pemkot dan Pemerintah Provinsi (pemprov) harus terjadi harmonisasi.

“Selama ini hubungan pemprov dan pemkot sudah baik. Saya berharap kedepannya, hubungan yang telah baik ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi,” kata Alex yang dibincangi, usai pelantikan.

Alex menyebut, Wali Kota Palembang akan mempunyai  peran sentral pada sejumlah kegiatan yang dilakukan pemprov seperti Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan digelar September mendatang.

Dalam ajang olahraga yang diikuti negara-negara berpenduduk Islam semua belahan dunia itu menurut Alex, bukan hanya pemprov saja yang akan terlibat. Tetapi juga semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemkot Palembang.

Bahkan ungkapnya, mereka akan diberi peran yang lebih karena menjadi sentral kegiatan. Lebih jauh Alex mengatakan, peran pemprov sangat besar dalam pembangunan dan perkembangan kabupaten dan kota. Oleh sebab itu, pemprov dan pemkot serta pemkab harus bersinergi dalam pembangunan.  “Misalnya kita mau bangun monorel di Palembang. Maka harus ada koordinasi, antara pemprov dan pemkot,” ucapnya.

Alex yakin, bila terpilih kembali menjadi Gubernur Sumsel, dia akan dapat menjalin koordinasi yang baik dengan Pemkot Palembang. “Bentuk koordinasinya sama seperti yang lain. Insya Allah kita bisa berkoordinasi, karena kita sama-sama sudah kenal,” ujar Alex.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster