Naikkan Tarif Parkir Sepihak Dewan Panggil Pengelola Mal

 304 total views,  2 views today

parkirPALEMBANG, KS-Kenaikan tarif parkir yang dilakuan sejumlah pengelola mal di Palembang, sejak beberapa bulan terakhir membuat anggota DPRD Kota Palembang, gerah. Komisi II DPRD Kota Palembang menyebut, kenaikan tarif parkir itu ilegal dan tidak dibenarkan.

“Kenaikkan tarif parkir itu, tidak bisa ditentukan semaunya seperti itu. Semestinya harus koordinasi, walau yang kita ketahui bersama bahwa kebijakan menaikkan tarif parkir tersebut ada pada pengelola parkir tersebut,”kata Ketua Komisi II DPRD Kota Palembang, M. Aidil Adhari yang dibincangi usai menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Minggu (21/7).

Menurut Aidil, dewan akan segera menemui pengelola parkir tersebut karena tindakan mereka melakukan kenaikan tarif parkir sepihak tersebut merupakan tindakan yang ilegal.

“Besok (Senin), kami akan melakukan pertemuan dengan pengelola parkir. Kami akan mempertanyakan alasan pengelola parkir tersebut, apalagi kenaikkan itu cukup tinggi. Ini merupakan suatu hal yang ilegal, karena pihak mal seperti Palembang Indah Mal (PIM) tersebut belum mengurus SITU,” tegasnya.

Aidil menyebut, tindakan yang diambil pengelola mal dengan menaikkan tarif tersebut sangat merugikan masyarakat. Seharusnya pengelola mal itu, haruslah mengikuti harga pasar.

“Saat ini, memang tidak ada aturan yang melarang kenaikkan tarif parkir tersebut. Namun setidaknya, dengan ada kenaikkan tersebut jangan membebankan masyarakat, ini pasti membebankan karena cukup tinggi naiknya. Kondisi seperti ini, harus cepat diatasi,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra pun sempat menyayangkan kenaikan tarif parkir yang dilakukan sejumlah pengelola mal di Palembang tersebut.

Menurut Eddy, aturannya memang pengelolaan parkir di mal dikelola secara mandiri oleh pihak mal. “Namun bukan berarti, kenaikan tarif parkir itu dilakukan secara sepihak tanpa koordinasi dengan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang,” tegasnya.

Sementara Ketua tim Promoasi dan Event, Palembang Indah Mal (PIM), Intan Indirayana mengakui, adanya kenaikkan tarif tersebut. Namun kenaikkan tarif parkir itu, hanya pada weekand saja. Untuk hari lainnya tidak.

“Perubahan tarif parkir weekand ini, sudah semenjak Senin(1/7 lalu. Kalau tarif mobil sekarang Rp 6.000, sebelumnya Rp 2.000. Tapi itu hanya sekali bayar saja, walaupun lama dalam mal tersebut. Sedangkan untuk sepeda motor menjadi Rp 3.000, dan cukup bayar sekali juga, sama seperti mobil,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster