Logo dan Maskot ISG Segera di Launching

 221 total views,  2 views today

Logo-dan-Maskot-ISG-Segera-di-Launching----rapat-ISG

Rapat Persiapan launching Logo ISG

PALEMBANG | KS-Kejelasan keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) pada Selasa (23/7) besok, yang ditanda tangani Presiden Republik (RI) Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai event Islamic Solidarity Games (ISG) III di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September – 1 Oktober 2013 mendatang, mendapat reaksi positif pihak tuan rumah.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Muddai Madang mengatakan, pihaknya kali  ini mengadakan rapat lanjutan mengenai persiapan ISG mendatang. Membahas dua dari lima bidang yang harus dipersiapkan dalam suatu event olahraga, diantaranya sudah ada logo dan maskot pada ISG mendatang.

Ia menjelaskan rapat ini perlu dilakukan mengingat ISG ini nantinya akan lebih meriah dari SEA Games tahun 2011. Salah satu yang mencolok yakni pesertanya, berbeda karakter peserta dari negara-negara Asia Tenggara dengan Timur Tengah.

“Kali ini kita bahas dua bidang yakni, pelaksanaan pertandingan dan suporti Games. Seperti tranportasi, akomodasi, konsumsi. Kemudian hari Selasa mendatang kita akan mengadakan rapat lagi dua bidang lanjutannya yakni, Media atau promosi dan opening, closing, serta pengamanan dalam ISG nantinya,” katanya saat dibincangi usai rapat di ruang rapat Hotel Jayakarta Lantai dua, Sabtu (20/7).

Muddai menuturkan, soal logo dan maskod yang akan di gunakan ISG di Sumsel akan terjadi perubahan. Mengingat tempat pelaksanaan yang sebelumnya menampilkan ciri khas Provinsi Riau, setelah Sumsel mengajukan suatu logo baru yang menampilkan Jembatan Ampera sebagai latar yang sangat mencirikan daerah penyelenggara.

“Kini disetujui oleh pusat bahwa memberikan ditengah-tengah logo terdapat jembatan ampera sebagai salah satu logo yang mencirikan dan merupakan kebanggaan masyarakaat Sumsel. Selain jembatan ampera juga terdapat lima lambang bulan yang merupakan lambang Islam setelah itu terdapat warna hijau karena melambangkan negara-negara Islam,” ujarnya.

Selain logo ISG, juga akan dilakukan pembuatan maskot yang sudah dilakukan rancangannya seperti maskot Harimau Sumatera. “Untuk launching logo dan maskod, kita tunggu dulu Keppres keluar baru lah  besoknya kita  langsung adakan launching. Kedua hal tersebut logo dan maskot juga bagian penting dalam suatu pelaksanaan ajang olahraga untuk menambah meriah,” bebernya.

ISG ke III ini nantinya akan mempertandingkan 13, diantaranya atletik, bola basket, voli, dan lain-lain. Tapi yang 1 cabor ada 2 pertandingan, yaitu voli pantai dan voli indoor. Voli pantai hanya lelaki saja, tidak ada wanitanya karena pesertanya kurang dari 5 negara.

ISG ini nantinya diikuti sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang offisial dari 25 negara. Ke 25 negara yang telah memastikan keikutsertaan, diantaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesia.

“Sama seperti voli pantai yang kurang dari 5 negara pesertanya, cabor senampun sama, yang ikut senam tidak cukup dari 5 negara, jadi tidak dipertandingkan,” ungkapnya.

Meskipun ini olahraga yang diikuti oleh negara-negara Islam, tapi bukan berarti semua atlet beragama Islam, seperti Indonesia yang banyak dianut oleh agama lain seperti Libanon, Suriah, Palestina yang juga masih banyak beragama non islam.

“Memang kegiatannya Islamic Solidarity Game yang diikuti oleh negara-negara Islam, tapi penduduknya belum tentu Islam semua. Jadi atletnya tidak semua Islam, tapi kita jamin makanannya semuanya halal, jadi yang selain orang Islam tidak boleh makan makanan yang dilarang, kecuali ditempat lain terserah mereka,” tukasnya.

TEKS/FOTO: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster