Tak Bayar Uang Seragam, Siswa Dilarang Sekolah

 250 total views,  2 views today

smaPALEMBANG | KS-Kepala sekolah SMAN 14 Palembang, Agustinawati membantah terkait adanya isu tentang pungutan yang dilakukan oleh sekolahnya. Menurutnya pungutun yang ada di sekolah hanya untuk pembelian baju seragam sebesar Rp 812.500 dan hal itupun sudah ada persetujuan antara wali siswa dan pihak sekolah. “Itu sudah merupakan kesepakatan diantara pihak kami dan wali siswa, seharusnya itu bukan masalah lagi,” ujar Agustinawati, Jumat (19/7).

Dia juga membantah akan adanya ancaman tidak diperbolehkan untuk masuk ke sekolah bagi yang belum membayar uang tersebut. “Uang sebesar Rp 812.500 itu bisa dicicil dan tidak harus dibayar secara sekaligus jadi kalau ada ancaman, itu bohong,”terangnya.

Menurutnya, hal itu juga telah disetujui oleh para wali siswa dalam pertemuan dengan pihak sekolah. Rincian dari biaya sebesar Rp 812.500 tersebut terdiri dari lima set baju seragam sekolah yakni putih abu-abu, pramuka, batik, muslim, olahraga, serta asuransi dan lain-lain.

“Mengenai rincian dari apa saja biaya tersebut bisa ditanyakan pada koperasi sekolah,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Palembang (Disdikpora), Riza Pahlevi mengatakan bahwa urusan biaya seragam dan lainnya merupakan otonomi sekolah. Namun semua itu juga harus sesuai dengan mekanisme yang ada, seperti ada kesepakatan antara pihak sekolah dengan wali siswa.

“Harus ada kesepakatan dan tidak boleh ada paksaan. Jika wali siswa tidak sepakat membayar, mereka boleh tidak mengikuti kesepakatan tersebut,” ungkapnya.

Kalau merasa berat, lanjut Riza, boleh membeli sendiri, sehingga tidak boleh ada paksaan dari sekolah tersebut. Pihaknya juga akan memeriksa kebenaran dari kabar tersebut besok (hari ini) dengan menerjunkan pengawas ke sekolah tersebut.

“Jika memang terbukti maka bisa sampai dipecat, namun untuk kebenarannya harus diselidiki terlebih dahulu dari pihak kami,” jelasnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster