Biaya Pasang Baru PDAM Tirta Musi Cukup Bayar Rp300 Ribu

 1,614 total views,  4 views today

pdamPALEMBANG, KS-Kabar gembira bagi warga Palembang, yang ingin berlangganan air bersih. Mereka kini, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memasang jaringan distribusi air bersih ke rumah.

Sebab kini, biaya pasang baru PDAM Tirta Musi cukup dengan Rp300 ribu. Itu karena, PDAM mendapatkan dana hibah senilai Rp 17 miliar dari pemerintah Australia lewat Ausaid.

Dengan dana itu, Tirta Musi bisa menyubsidi pemasangan baru untuk 6.000 masyarakat berpenghasilan rendah. “Kita sudah MoU dengan Ausaid di Hotel Borobodur, Jakarta. Bantuan ini sesuai dengan pengajuan kami untuk 6 ribu MBR. Hibah ini adalah untuk kedua kalinya. Sebelumnya, sudah ada 6.000 MBR yang sudah mendapatkan bantuan pengurangan biaya pasang baru,” kata Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus, kemarin.

Biaya pasang baru Rp 300 ribu itu, jauh lebih murah dari harga normal pasang baru yang Rp1,1 juta. Dengan dana hibah, biaya pasang baru yang sebelumnya Rp 1,1 juta dipotong 73 persen, sehingga jadi Rp 300 ribu.

Namun biaya pasang baru Rp300 ribu ini, tidak berlaku untuk semua calon pelanggan. Biaya pasang baru ini, hanya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Nantinya kata Stephanus, Ausaid menyeleksi ketat pemberian bantuan.

Semua berdasarkan kritea, antara lain, rumah MBR tidak boleh lebih dari tipe 36, tidak tinggal di wilayah komplek atau perumahan. “PDAM sudah mendata siapa yang akan mendapatkan bantuan hibah ini. Kemudian, tim dari Ausaid menyurvei,” ujarnya seraya menerangkan lokasi pemasangan tersebar di 16 kecamatan, tapi mayoritas di kawasan Seberang Ulu (SU), yang dihuni banyak MBR.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra berharap bantuan hibah dan subsidi ini bisa meringankan beban masyarakat sekaligus membantu masyarakat mendapat air bersih. “Ini sebagai upaya kita juga untuk membantu masyarakat. Karena, memang biaya untuk pasang baru PDAM ini mencapai Rp 1,1 juta,” ucapnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster