Satuan Lantas Banyuasin Bersiaga Penuh

 306 total views,  2 views today

polisi

Ilst. Polisi

BANYUASIN/KS-Demi keamanan dan kenyamanan para pemudik yang akan melintas di jalan lintas timur Palembang – Betung Satlantas Polres Banyuasin telah menyiagakan personilnya sejak H-1 menjelang puasa

Kapolres Banyuasin AKBP Achmad Iksan melalui Kasat Lantas AKP Sukamto diruang kerjanya mengatakan bahwa  Satuan Lantas Polres Banyuasin sedang  melakukan pemetaan Dearah yang rawan, pelanggaran kecelakaan, kemacetan lalu lintas, ” semua kita lakukan sebelum H-1 menjelang puasa ramadhan,” ujarnya  Kamis ( 18/7/2013).

Dilanjutkan Sukamto, selain itu juga pihaknya selalu mengoptimalisasikan peran fungsi lalu lintas, untuk mendukung  jalannya operasi ketupat 2013

“Sementara itu untuk menghindari kemacetan kami telah mempersiapkan jalan alternatif di  simpang bandara SMB II lama yang langsung tembus jalan Tanjung Api -Api, sebab daerah km 12 sering terjadi kematetan, selain itu juga  dijalan alternatif tersebut kami akan memberi rambu – rambu lalu lintas, ” ungkap Sukamto.

Disinggung tentang posko -posko keamanan lebaran yang akan didirikan Sukamto menjelaskan bahwa rencananya posko akan didirikan  diempat tempat antara lain ,” di km12, KM 29 Sembawa, KM 42 Gerbar Jalan Lingkar , KM 57 Durian Daun,” terangnya.

Ditambahkan Sukamto, bahwa pihaknya juga telah memasang sepanduk himbauan “dalam sepandulk  itu isinya menghimbau kepada para pemudik agar berhati-hati” tegasnya

Terpisah Kepala RSUD Banyuasin, Eka Mustika mengatakan didalam menjelang Lebaran pihaknya menyiapkan ruangan UGD, dan tenaga medis dan ruangan rawat inap. Kesiapan UGD dilakukan dengan mengaktifkan ruangan pertama pertolongan medis tersebut selama 24 jam. Operasional dilakukan dengan melibatkan sebanyak 21 tenaga medis dalam persiapan pelayanan medis baik di UGD dan poli

“Untuk operasional UGD akan dilakukan selama 24 jam. Di ruangan tersebut,akan terdapat dua dokter umum berjaga,”katanya.

Selain mengaktifkan dua dokter di UGD Banyuasin, pihak RSUD Banyuasin juga masih mensiagakan dokter-dokter spesialis di poli bedah,poli anak dan poli obgyn. Dokter-dokter tersebut masih akan melayani pada waktu arus mudik dan arus balik. “Dua dokter lainnya masih akan disiagakan bukan hanya di UGD,”sambungnya.

Dia mengatakan guna mengaktifkan pelayanan RSUD Banyuasin,juga disiagakan 5 ambulance. Kelima ambulance dipergunakan jika pasien membutuhkan rujukan pada rumah sakit yang lebih lengkap. Ambulance juga disiagakan dengan standby di RSUD Banyuasin. “5 Ambulance tersedia,sebelumnya hanya 3 ambulance,”ungkapnya.

Eka mengatakan guna memudahkan masyarakat terhadap pelayanan UGD,pihak RSUD Banyuasin dilakukan sistem oncall. Untuk oncall RSUD Banyuasin,dapat menghubungi nomor 0711 891646. Nomor oncall dapat terhubung guna mendapatkan pelayanan medis tercepat.

Ditambahkan Kasi Pelayanan Medis RSUD Banyuasin, Rio Bandriansyah mengatakan pelayanan medis akan dilakukan selama optimal dengan 24 jam. Operasional maksimal akan dilakukan menjelang h-7 dan h+7. Untuk tenaga medis, akan dipersiapkan dua dokter umum di UGD dan dokter spesialis pada dua poli. Total tenaga medis yang akan dimaksimalkan dalam menghadapi Lebaran mencapai 21 tenaga medis.

“UGD juga bisa oncall sekarang,jadi masyarakat bisa lebih mudah. On call 0711 891646″katanya.

Selain itu,tenaga medis juga bekerjasama dengan beberapa posko terpadu yang dibangun menjelang Lebaran.  Posko terpadu yang melibatkan Dinas Kesehatan,juga dibackup dengan tenaga medis RSUD Banyuasin. “Posko tepadunya,juga dibantu pihak RSUD,”tukasnya

Teks: Diding Karnadi

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster